Sudah Tahunan Jalan Seberang Masjid Terendam Air Pasang Sungai Martapura

0

SUDAH tahunan warga Seberang Masjid khususnya di RT 02 RW 01, Banjarmasin Tengah merasakan jalan yang amblas di bantaran Sungai Martapura. Begitu air pasang dan hujan turun deras, ruas jalan itu terendam.

KONDISI jalan yang tergenang air Sungai Martapura itu membahayakan bagi anak-anak sekolah. Saat turun dari jembatan menuju jalan yang terendam, terpaksa berpegang tangan dengan orang dewasa.

“Sudah lama bahkan tahunan sudah ruas jalan ini ambrol separuh. Akhirnya, tiap kali hujan deras dan air Sungai Martapura naik, jalan ini pasti terendam cukup lama,” ucap Laili, warga Jalan Seberang Mesjid RT 02 RW 01 kepada jejakrekam.com, Senin (14/3/2022).

BACA : Dilengkapi Studi Kelayakan-DED, Rencana Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Bisa Diajukan Lagi

Ia mengakui jika anak-anak berjalan harus ekstra hati-hati tanpa ada bimbingan dari orangtua. Sebab, banyak pula anak terjerembab dalam genangan air. Untuk melintas ke ruas jalan terendam, banyak warga terpaksa nekat sembari mengangkat kain agar tak basah.

Laili mengakui kondisi jalan yang amblas di Seberang Mesjid ini sudah lama disampaikan kepada pemerintah kota. Namun, hingga kini, belum ada perbaikan baik peninggian atau penguatan siring sungai.

BACA JUGA : Hanya Getek, Komentar Warga : Rencana Jembatan Sei Jingah Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Daud!

“Pokoknya, jika hujan turun deras, pasti ruas jalan ini terendam. Apalagi, saat banjir rob beberapa waktu, makin tambah parah,” kata Laili.

Padahal, ruas Jalan Seberang Masjid ini menghubungkan perkampungan tua di tepian Sungai Martapura dari kawasan Kampung Sasirangan hingga Lontong Orari. “Karena tak ada penanganan dari pemerintah kota, ya jalannya dibiarkan seadanya,” kata Laili.

Beberapa warga pun mengeluhkan kondisi tersebut. Warga mengakui jika tak hati-hati melintas di ruas jalan terendam di Seberang Masjid, bisa membahayakan pengguna jalan, khususnya para pengendara.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.