Rapimnas LKSA dan Anak Yatim se-Indonesia Resmi Dibuka

0

ABAH HM Zairullah Azhar menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II, Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Anak Yatim Piatu se-Indonesia di Gedung Mahligai Bersujud Tanah Bumbu, Sabtu (12/3/22). 

RAPIMNAS II Forum LKSA-PSAA dijadwalkan berlangsung tanggal 11-14 Maret 2022 di Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri para pengurus LKSA-PSAA se-Indonesia.

Abah Zairullah Azhar Pengasuh Istana Anak Yatim Tanah Bumbu mengatakan, dirinya mewakili pemerintah daerah menyampaikan rasa haru dan terimakasih atas ditunjuknya Tanah Bumbu menjadi tuan rumah Rapimnas II Forum LKSA-PSAA tahun 2022 ini.

Menurut Abah Zairullah Kabupaten Tanah Bumbu dengan moto ‘Bersujud menuju Serambi Madinah’ tidak hanya sebatas slogan daerah saja, namun lebih dari itu, juga menjadi ruh yang mewarnai setiap gerak aktifitas masyarakat didaerah ini. “Semangat kerja keras dan keberkahan bersujud itulah yang membawa Kabupaten Tanah Bumbu, meraih Kabupaten terbaik di Indonesia pada tahun 2008 lalu,” ujar Abah Zairullah. 

Penyelenggaraan rapimnas II tahun ini dinilai penting karena akan membahas sejumlah hal terkait strategi mengangkat martabat anak yatim piatu menjelang Munas. “Kita juga patut bersyukur bahwa semua peserta rapimnas telah tiba di Tanah Bumbu dengan selamat,” kata abah Zairullah.

Selaku pengasuh Istana Anak Yatim , sebut abah Zairullah, saat ini tidak kurang terdapat 3.700 anak yang telah diasuh di istana anak yatim. “Alhamdulillah sampai saat ini mereka sudah ada yang tengah menempuh pendidikan S1 kurang lebih 300 orang, 18 orang sudah S2, ” tambahnya.

BACA: Tanbu Tuan Rumah Rapimnas LKSA dan Anak Yatim Piatu se-Indonesia

Plt Ketua Umum Fornas LKSA-PSAA KH Syakir Ridho mengatakan anggota forum nasional yang beranggotakan anggota forum wilayah terus bekerja memperjuangkan hak anak anak yatim piatu mendapatkan hak dan kesejahteraan yang sama.

Lanjut KH Syakir, Rapimnas ini juga menjadi momentum pengingat agar kita Iebih peduli terhadap kondisi anak-anak yatim di panti asuhan. “Anak-anak panti asuhan adalah anak-anak Indonesia yang mempunyai hak sebagai anak. Mereka punya hak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta dilindungi dari berbagai tindak kekerasan, ” imbuhnya.

Forum LKSA dalam melaksanakan program kerjanya terbagi dalam 10 bidang yang bertujuan mendorong lahirnya kebersamaan, membantu memfasilitasi dan mensosialisasi hak anak.

Selain itu program Fornas LKSA-PSAA lainnya yakni mendukung terwujudnya media ramah anak, menjalin kerjasama pengurus LKSA serta ikut menentukan arah kebijakan pengasuhan anak di Indonesia. “Saya sangat terkesan dengan perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah ini, khususnya kesejahteraan anak yatim piatu. Inilah pemerintah yang sebenarnya yang selalu mendukung kegiatan seperti ini,” akhirnya. 

Rapimnas II Fornas LKSA-PSAA di Kabupaten Tanah Bumbu meenjadwalkan sejumlah agenda diantaranya bertujuan semakin mempererat silaturahmi pengurus, melakukan pembahasan revisi AD/ART menuju Munas 2022 serta menjadi pertemuan forum wilayah menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul cerdas dan berprestasi.

Pembukaan Rapimnas II Fornas LKSA-PSAA juga dihadiri Sekda Tanbu H Ambo Sakka, pejabat SKPD Pemkab Tanbu, para pengurus LKSA-PSAA tingkat wilayah, kota dan daerah se-Indonesia. (jejakrekam) 

Penulis Ril/Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.