Undang Hj Ananda, BPJE PKS Kalsel Ingin Cetak Kader Bermentalitas Pengusaha

0

PEMULIHAN ekonomi di tengah pandemi Covid-19 adalah lewat kebangkitan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang jumlahnya sangat besar dan potensi di Indonesia.

BERANGKAT atas spirit itu, Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalsel berkolaborasi dengan DPD PKS Kota Banjarmasin menghelat mentoring bisnis di Sekretaris PKS Kalsel, Jalan A Yani Km 5, Banjarmasin, Sabtu (12/3/2022).

Selebgram yang juga mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Hj Ananda pun diundang bersama narasumber internal PKS memberi paparan dalam Mentoring Bisnis: Anggota PKS 2022, Tips dan Trik Membangun Networking ala Hj Ananda.

Sekretaris DPW PKS Kalsel Mushaffa Zakir mengatakan acara mentoring bisnis sengaja mengundang Hj Ananda, mantan calon Walikota Banjarmasin. “Kegiatan ini salah satu program dari BPJE PKS Kalsel. Jadi tidak hanya untuk kalangan internal, tapi masyarakat secara luas,” ucap Mushaffa Zakir kepada jejakrekam.com, Sabtu (12/3/2022).

BACA : IPM Naik Semu, Fraksi PKS DPRD Sentil Penyetaraan Pendidikan Formal Banjarmasin Jalan di Tempat

Mantan anggota DPRD Banjarmasin ini mengatakan BPJE juga menyiapkan kader PKS yang memiliki karakter dan mentalitas pengusaha. Terutama, memiliki kapasitas dalam pengembangan usaha kecil menuju menengah.

“BPJE akan terus membangun kekuatan kolaborasi baik di tataran aplikasi bisnis maupun edukasi yang terpadu. Tujuannya, membangun manusia Indonesia yang berkarakter dan berdaya bisa tercapai dalam bingkai akhlakul karimah,” papar Mushaffa.

Dirinya berharap dengan adanya mentoring bisnis bisa membangkitkan semangat.  Walau dalam kelas sederhana, namun materi dan motivasi yang disampaikan narasumber bisa membantu seseorang untuk mandiri. “Kami juga berkolobarasi dengan pemerintah daerah untuk produk nasional agar mendapat sertifikat halal,” kata Mushaffa.

BACA JUGA : Cicipi Masakan Banjar Dapur Mama Endes, Hj Ananda: Sumber Insipirasi Program Ember Tapasan

Mantan calon Wakil Walikota Banjarmasin ini mengatakan melalui mentoring bisnis bisa diberikan edukasi kepada para pemuda, terkhusus kader PKS bagaimana cara berbisnis yang benar dan efektif. Sasaran akhirnya, dikatakan Mushaffa adalah para kader PKS maupun pemuda bisa bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan potensi ekonomi bisnis, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Senada itu, Ketua BPJE DPW PKS Kalsel Haris Maulidinnor mengatakan lewat program mentoring bisnis ini bisa meningkatkan kapasitas pengetahuan kader khususnya di bidang UMKM.

BACA JUGA : Ibnu Sina Pimpin Demokrat Kalsel, PKS Tak Khawatir Ada Fragmentasi Dukungan Massa Partai

“Ini merupakan kegiatan mentoring bisnis kedua. Sebab, BPJE PKS Kalsel dan Kota Banjarmasin akan terus memaksimalkan upaya dalam rangka menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat. Tentu saja, tak terkecuali bagi kalangan muda melenial untuk mendekatkan melalui bidangnya,” imbuh Haris.

Kehadiran Hj Ananda yang merupakan selebgram sekaligus menjadi endorse beberapa produk, terutama di akun Instagram dengan 33 ribu pengikut. “Untuk ukuran di Banjarmasin terbilang tinggi. Apalagi, Hj Ananda juga seorang politisi yang bisa meng-endorse UMKM, sehingga bisa bersinergi dengan PKS,” papar Haris.

BACA JUGA : Bukan Ibnu Sina, Ternyata DPP PKS Pilih Usung Ananda-Mushaffa Zakir

Dalam paparannya, Hj Ananda pun melihat kiprah BPJE PKS turut menggenjot kemajuan UMKM di Banjarmasin, umumnya di Kalsel. “Sebab, pelaku UMKM  merupakan salah dasar ekonomi yang bisa menghasilkan banyak hal. Inilah mengapa butuh membangun jaringan atau network,” kata Ananda.

Bagi dia, dalam mengembangkan bisnis UMKM sangat penting adalah mengembangkan jaringan. “Jangan sampai networking itu diabaikan, lakukan sedini mungkin,” saran Ananda.(jejakrekam)

Pencarian populer:mushaffa zakir pks
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.