Kemenpan-RB Beri 10 Polres/Polresta di Kalsel Penghargaan, Banjarbaru Raih Nilai Tertinggi

0

POLRES Banjarbaru berhasil menyandang predikat A penyelenggara pelayanan publik prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Penghargaan ini merupakan kali pertama yang disabet kepolisian di kota ini.

BANJARBARU pun memperoleh indeks pelayanan tertinggi di jajaran Polres dan Polresta di Kalimantan Selatan. Nilainya 4,56. Disusul Polres Banjarmasin (4,54), Polres Tapin (4,53), dan Polres HSS (4,51).

Sementara, penghargaan dengan kategori sangat baik diraih oleh Polres Banjar, Polres Hulu Sungai Tengah, Polres Tabalong, Polres Tanah Laut, Polres Tanah Bumbu, dan Polres Kotabaru.

Wakapolres Banjarbaru, Kompol Boma Wedhayanto mengatakan tiga tahun sebelumnya Polres Banjarbaru hanya meraih predikat A- atau sangat baik.

BACA JUGA: Empat Polres Dan Polresta Di Kalsel Raih Penghargaan Pelayanan Publik 2021 Kategori Prima

Boma menambahkan, Polres Banjarbaru termasuk 27 dari 310 objek penilaian instansi kepolisian se-Indonesia dengan peraih pelayanan prima atau nilai A. Dan sebanyak 78 polres dengan predikat A- atau sangat baik.

Adapun aspek penilaian yang dilakukan Kemenpan-RB tertuang dalam UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yakni Inovasi, konsultasi pengaduan, sistem informasi pelayanan publik, kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, dan sarana prasarana.

BACA JUGA: Gagas Aplikasi Ditlantas Mobile, Polda Kalsel Diganjar Penghargaan dari Lemkapi

Dari aspek penilaian tersebut, Boma mengungkap bahwa Polres Banjarbaru memenuhi semua aspek. Bahkan pihaknya memiliki delapan inovasi pelayanan publik kepada masyarakat. Seperti Pelayanan SIM hari Sabtu, Pelayanan samsat, SIM delivery, SKCK delivery, SKCK kolektif  Pendaftaran SKCK online, Pendaftaran SIM online, dan Pelayanan bersama gerai terpadu dan mall pelayanan publik.

Boma memastikan, Polres Banjarbaru akan terus mempertahankan capaian yang didapat dan terus berinovasi sesuai perkembangan zaman. “Harus meningkatkan pelayanan, Inovasi terus dipertahankan dan terus berlanjut mengikuti zaman,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.