ITSM Balangan Jadi Institut Teknologi Pertama di Kalsel, Pendaftaran Mahasiswa Dimulai April 2022

0

INSTITUT Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) Balangan yang telah diserahterimakan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Selatan Muhammad Akbar, Jum’at (11/3/2022) menjadi perguruan tinggi teknologi pertama yang berdiri di Bumi Sanggam dan juga Kalimantan Selatan.

WAKIL Bupati Balangan, Supiani, mengatakan kehadiran ITSM Balangan ini merupakan kado ulang tahun ke-19 yang sangat spesial untuk kabupaten.

“Ini adalah institut teknologi pertama di Kalimantan Selatan, jadi ini juga akan menjadi catatan tersendiri di dunia pendidikan tinggi Kalsel sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Balangan,” ujar Supiani.

BACA JUGA: Pendirian Fakultas Ilmu Budaya Sudah Mendesak di ULM

Menurut dia, kehadiran perguruan tinggi ini tentu memberi berbagai harapan bagi masyarakat dalam sektor pendidikan, yaitu menambah peluang masyarakat Balangan untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus ke luar daerah.

“Sebagai bentuk dukungan nyata dari pemda, kami akan menyiapkan hibah berupa lahan untuk pengembangan kampus ITSM Balangan ini nantinya,” lanjut Supiani.

BACA JUGA: Gandeng Uniska, Barito Putera Teken Kerja Sama Dukung Program Kampus Merdeka

Sementara itu, Ketua Yayasan ITSM Balangan, Slametno, berharap dengan adanya perguruan tinggi institut teknologi yang pertama di Kalsel ini, tingkat kunjungan di Balangan semakin meningkat.

“Semoga nantinya kekuatan ekonomi mikro dan makro kita di Balangan ini dapat meningkat, karena ITSM ini selevel universitas yaitu dipimpin seorang rektor, nantinya akan kita kembangkan lagi program-program studi yang diperlukan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, menurut Slametno, kampus ini memiliki ciri khas tersendiri yang belum ada di kampus lain di Kalsel. Yakni keamanan siber dan digital forensik. Yang tujuannya untuk membantu aparat hukum dalam kaitan pengungkapan kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan siber maupun kejahatan forensik.

Sebagai informasi, ITSM Balangan pada April 2022 akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru dengan jurusan sementara yang tersedia yaitu S1 Ilmu Komputer, S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Informasi. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.