Usung Tema Malam 1.000 Bulan, Banjarbaru Bersiap Helat Festival Salikur 2022

0

MENYAMBUT bulan Ramadhan 1443 H, Pemerintah Kota Banjarbaru tengah menyiapkan Festival Salikur 2022. Ajang ini merupakan kegiatan rutin yang dihelat pemkot setempat untuk meramaikan bulan puasa.

FESTIVAL Salikur 2022 mengusung tema Malam 1.000 Bulan. Sesuai rencana, ajang salikuran bakal digelar sejak 1 Ramadhan.

“Festival sudah dimulai sejak 1 Ramadhan. Puncaknya, tetap akan dilangsungkan pada malam salikur atau 10 hari terakhir Ramadhan,” tutur Khairil Anwar selaku Wakil Koordinator Tanglong & Lampion Festival Salikur Banjarbaru.

Festival Salikur Banjarbaru nantinya akan dibagi tiga fase pelaksanaan. Yakni fase pertama: pembuatan gapura atau pintu gerbang “Marhaban yaa Ramadhan”, kemudian fase kedua dimulai sejak malam ke-11 Ramadhan, warga diminta menghias lingkungan tempat tinggal dengan lampion.

BACA JUGA: Malam-Malam Ramadhan Terakhir, Banjarbaru Kini Semarak Bertabur Cahaya Lampion

Terakhir, pada 10 malam Ramadhan mereka membuat tanglong. Panitia festival salikur turut memantau giat ibadah 10 malam terakhir ke lingkungan masing-masing.

H.E. Benyamine atau sapaan akrabnya Bang Ben selaku Ketua Pelaksana Festival Salikur tahun 2022 menyampaikan informasi lebih jelas akan disampaikan pada saat technical meeting yakni 14 Maret 2022 nanti.

“Kami akan segera membuatkan edaran kegiatan, karena pendaftaran akan kami buka mulai 10 Sya’ban atau 14 Maret 2022 nanti,” ujar Bang Ben.

BACA JUGA: Saur, Saur! Irama Samudera Konon Jadi Pelopor Tradisi Bagarakan Saur di Banjarmasin

Di lain sisi, Ahmad Yani Makkie selaku Kepala Disporabudpar Banjarbaru membeberkan, selain perlombaan menghias kampung dengan tanglong dan lampion antar RT se-Kota Banjarbaru, pihaknya tetap menghadirkan lomba fotografi untuk para fotografer.

Hadiah peserta Festival Salikur tahun ini pun, dianggarkan lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Peraih gelar terbaik pertama akan mendapat hadiah uang tunai Rp 10 juta. Sementara terbaik 2 dan 3, masing-masing akan mendapat uang tunai Rp6 juta dan Rp 5 juta.

Yani menyampaikan bahwa festival salikur tahun ini akan menjadi dorongan yang sangat besar. Pihaknya mengajak seluruh RT se-Kota Banjarbaru agar dapat ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Salikur tahun 2022 mendatang. (jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.