Serius Bentuk Desa Digital, APDESI Tabalong Jalin Kerja Sama dengan Telkom

0

TERUS bergerak dalam pembangunan di daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) setempat berkomitmen dalam memajukan daerah.

BENTUK komitmen ini ditunjukkan dengan pembentukan desa digital di Bumi Sarabakawa yang bekerjasama dengan PT Telkom. Penandatangan nota kesepahaman (Mou) antara APDESI Tabalong dengan Telkom dalam rangka pembentukan desa digital di Kabupaten Tabalong ini berlangsung di Telkom Landmark Tower Jakarta. Penandatangan Mou ini turut disaksikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Rabu (9/3/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong menyatakan sangat mendukung dengan adanya kerjasama APDESI dengan Telkom ini. “Sebab, hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk memajukan daerah dan mempersiapkan diri menghadapi IKN Nusantara,” ucap bupati dua periode ini.

BACA : Perangi Hoax, Yani Helmi dan Aparat Polri Minta Generasi Muda Cerdas Sikapi Dunia Digital

“Ini merupakan langkah nyata pemerintah untuk memajukan Tabalong khususnya di bidang digitalisasi,” sambung Bupati Anang Syakhfiani. Dia berharap digitalisasi desa ini dapat diterapkan pada semua desa yang ada di Kabupaten Tabalong.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong, H Erwan Mardani mengatakan digitalisasi desa tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Termasuk pula, badan usaha milik desa (bumdes).

BACA JUGA : Jadi Daerah Penyangga IKN, Tabalong Punya Lahan 3.000 Hektare untuk Kawasan Industri

“Tidak hanya lebih efektif dan efisien layanan publik di desa. Dengan adanya sistem digitalisasi ini, 110 bumdes dan 22 bumdesmart yang ada di desa juga menjadi lebih baik,” ujar Erwan.

Sementara untuk lebih memantapkan pembentukan Desa Digital di Tabalong, APDESI Tabalong melakukan studi tiru ke Desa Digital Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.