Husairi Abdi

Kembangkan Desa Tertinggal, Pemkab Batola Gandeng Tim Ahli Fakultas Teknik ULM

0

FAKULTAS Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjalin kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Barito Kuala dalam pengembangan desa.

HAL ini sejalan dengan semangat tri dharma perguruan tinggi yang menitikberatkan pada tiga pilar pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Nota kesepakatan (memorandum of understanding) diteken kedua belah antara Rektor ULM Prof Sutarto Hadi dengan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman. Kemudian, surat kerja sama ini dilanjutkan dengan penandatangan antara Dekan Fakultas Teknik ULM Dr Bani Noor Muchamad dengan Plt Kepala Bappelitbang Kabupaten Barito Kuala Munadi di Ruang Rapat Lantai 2 Fakultas Teknik ULM, Banjarbaru, Rabu (9/3/2022).

Ruang lingkup kesepahaman kedua institusi ini adalah kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia yang meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada bidang pendidikan kerjasama dititikberatkan pada perencanaan dan pengembangan laboratorium, pelatihan tenaga teknis dan credit learning/transfer Credit. Sementara pada bidang penelitian dan pengabdian bekerjasama dalam pelibatan langsung dosen dan mahasiswa dalam bantuan teknis hasil penelitian kepada masyarakat.

BACA : Terjunkan Tim Ahli dan Mahasiswa, Prodi Arsitektur ULM Rancang Pengembangan Desa Murung Keramat

“Kerja sama Fakultas Teknik ULM dengan pemerintah kabupaten dan kota di kalsel akan terus kita laksanakan secara konsisten. Sebab, sebelumnya, kami juga telah bekerjasama dengan Pemprov Kalsel dan kementerian terkait,” ucap Dekan Fakultas Teknik ULM, Bani Noor Muchamad.

Lewat kerja sama ini diharapkan Bani Noor Muchamad bsia menghasilkan berbagai produk teknis dari program studi yang ada di Fakultas Teknik ULM.

BACA JUGA : Cetak Arsitek Andal, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik ULM Bersiap Diri Sambut Persaingan Global

“Kerjasama ini juga membuka peluang seluruh program studi yang ada di Fakultas Teknik ULM. Saat ini Fakultas Teknik memiliki 10 program studi. Rencananya, tahun ini akan dibuka program studi baru yaitu Prodi Geologi, dengan jumlah dosen Fakultas Teknik ULM sebanyak 124 orang,” papar Bani.

Dia menegaskan Fakultas Teknik ULM siap berkolaborasi dengan pihak manapun guna men-support pembagnunan daerah. Salah satu tindak lanjut nyata adalah kerjasama ini adalah pelaksanaan kegiatan Bina Desa oleh Program Studi Arsitektur di Desa Murung Keramat, Kecamatan Belawang, Batola.

BACA JUGA : ACT dan Fakultas Teknik ULM Berikan Harapan Baru di Desa Sungai Pinang Baru

Desa Murung Keramat merupakan salah satu desa tertinggal di Kabupaten Barito Kuala. Desa ini pun menjadi lokus kegiatan seluruh SKPD di Kabupaten Batola pada 2022. Dalam kegiatan ini, Fakultas Teknik ULM turut membantu perencanaan infrastruktur desa dan master plan desa melalui sumberdaya yang dimiliki di Program Studi Arsitektur.

Plt Kepala Bappelitbang Kabupaten Barito Kuala, Munadi mengatakan bangga atas bantuan Fakultas Teknik ULM. Bahkan, Pemkab Batola berterima kasih atas turut berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Tentu saja, kami berharap kerja sama ini terus dikembangkan pada tahun-tahun berikutnya. Bukan hanya perencanaan desa tertinggal seperti di Desa Murung Keramat, tapi juga perencanaan pada desa-desa yang akan diprogramkan menjadi desa mandiri,” papar Munadi.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.