Tim Basarnas Banjarmasin Turut Evakuasi Warga Tanah Laut Terdampak Banjir

0

HUJAN deras seharian menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi sejumlah kawasan di Kabupaten Tanah Laut, Senin (7/3/2022) pagi hingga malam hari.

TIM Kantor Percarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Banjarmasin bersama tim SAR gabungan pun turun tangan membantu evakuasi warga terdampak banjir di Tanah Laut.

Tercatat ada tiga kecamatan paling terdampak banjir akibat tingginya curah hujan di wilayah Tanah Laut. Yakni, Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Takisung dan Kecamatan Pelaihari

“Saat banjir di tiga kecamatan paling terdampak di Kabupaten Tanah Laut, satu tim dari Basarnas Banjarmasin diturunkan guna memantau dan mengantisipasi apabila ada warga membutuhkan pertolongan maupun evakuasi dampak banjir di beberapa desa di Kabupaten Tanah Laut,” ucap Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin, Al Amrad kepada jejakrekam.com, Senin (7/3/2022) malam.

BACA : Diguyur Hujan Seharian, Sungai Meluap, Kota Pelaihari dan Sekitarnya Terendam Banjir

Tim rescue Basarnas Banjarmasin diterjunkan di lokasi kejadian pada pukul 17.40 Wita, berhasil mengevakuasi warga terdampak banjir. Berdasar laporan yang diterima, intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang lama mengakibatkan beberapa pemukiman warga terendam. Akibatnya, ketinggian air antara 1 – 1,5 meter.

“Ada tiga Kecamatan terdampak banjir di kabupaten Tanah Laut di antaranya Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Takisung, dan Kecamatan Pelaihari,” kata Amrad.

Menurut informasi di tim di lapangan melalui Koordinator Lapangan Suwarto, Amrad menyebut tim melakukan evakuasi warga yang terdampak di Desa Karang Jawa. MEreka dievakuasi menuju halaman Desa Batu Tungku.

BACA JUGA : Paman Birin Apresiasi Dedikasi Basarnas Bantu Masyarakat

“Kami sempat mengevakuasi ibu-ibu dan anak-anak, tapi banyak juga warga yang memilih mengungsi ke rumah sanak keluarganya yang tidak terkena banjir,” katanya.

Ia menegaskan saat ini tim rescue Basarnas Banjarmasin berada di posko SAR Gabungan di kantor BPBD Tanah Laut. Tim penyelamat lainnya yang terlibat di antaranya BPBD Tanah Laut, TNI/Polri, Dinas Sosial Tanah Laut, PMI Tanah Laut, dan rekan potensi SAR lainnya.

BACA JUGA : Hilang Kontak, Basarnas Banjarmasin Cari Speedboat Dan 2 Penumpang Di Perairan Tanjung Sebau Kotabaru

“Harapan kami semoga banjir berangsur surut, agar warga dapat beraktivitas kembali dengan normal,” pungkas Amrad.

Berdasar laporan terbaru dari BPBD Tanah Laut, kondisi banjir sudah berangsur-angsur turun sejak Senin (7/3/2022) malam hingga Selasa (8/3/2022), beberapa warga yang sempat mengungsi pun sudah balik ke rumah masing-masing.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.