Tembus 21 Ribu Orang, Kunjungan Warga ke Perpustakaan Tabalong Meningkat

0

SELAMA tahun 2021, kunjungan warga ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami peningkatan.

KEPALA Bidang Layanan dan Pengembangan Koleksi Dispersip Tabalong, Rosna Herianor, mengatakan hal tersebut peningkatan ini terjadi pada program layanan statis atau dalam ruangan sebanyak 21.303 orang.

“Alhamdulillah tahun 2021 mulai ada peningkatan walupun tidak terlalu signifikan tahun sebelumnya karena pengaruh selama masa pandemi Covid-19,” katanya saat ditemui di Kantor, Selasa (8/3/2022).

BACA JUGA: Berhasil Mencapai Indek Literasi Tertinggi Se Indonesia, Kadispersip Kalsel Dapat Penghargaan

Adapun tujuh program lainnya meliputi layanan Perpustakaan Unit Kecamatan Kelua sebanyak 505 orang, Perpustakaan Unit Kecamatan Haruai sebanyak 107 orang, Perpustakaan Unit Kecamatan Muara Uya sebanyak 189 orang , perpustakaan keliling sebanyak 2.838 orang, internet gratis sebanyak 16.563 orang, dan perpustakaan digital  246 orang serta sekolah sebanyak 495 orang.

“Dan dengan rincian sebanyak 14.370 orang pelajar, 7.592 orang mahasiswa, 8.294 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta 11.990 orang masyarakat umum,” ujarnya.

BACA JUGA: Dispersip Kalsel Kembali Terima Hibah Dari Perpusnas RI

Sebalum masa pandemi Covid-19 tahun 2019, ungkapnya, pihak Dispersip Tabalong juga rutin mengundang sekolah-sekolah ke perpustakaan dengan kegiatan wisata edukasi serta stroytelling sehingga tahun berikutnya karena pandemi kegiatan tersebut ditiadakan.

“Alhamdulillah tahun ini sudah bisa jalan lagi, itu pun terbatas yang sebelumnya bisa sampai 55 orang, semantara sekarang hanya bisa setengahnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selama masa pandemi pihaknya selalu menjaga kebersihan serta menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai aturan pemerintah pada umumnya.

“Didepan pintu masuk kami menyediakan hand sanitizer, jadi sebelum masuk harus cuci tangan, kemudian pengecekan suhu tubuh serta menjaga jarak dan juga sterilisasi ruangan kita bekerjasama dengan BPBD setempat,” tambahnya. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.