Husairi Abdi

5 Kali Juara Umum MTQ Kalsel, Walikota Ibnu Sina Target Banjarmasin Pertahankan Titel ke-6

0

LIMA kali berturut-turut menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Walikota Ibnu Sina pun pasang target untuk meraih titel keenam.

HAL itu ditegaskan Walikota Ibnu Sina saat membuka kegiatan pra MTQ Kecamatan Banjarmasin Utara di Pop Hotel, Banjarmasin, Selasa (1/2/2022).

Pra MTQ ini dilaksanakan untuk program pembinaan qori-qoriah dan hafiz-hafizah. Dalam acara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setdakot Banjarmasin Khairil Hidayat, Pelaksana Harian Camat Banjarmasin Utara Noorrahmawati dan Kepala Kantor Kemenag Kota Banjarmasin H Muhammad Rofi’i turut hadir.

“Pra MTQ ini merupakan pemusatan latihan dan pembinaan bagi qori-qoriah dan hafiz dan hafizah. Nantinya, dari MTQ tingkat kecamatan bsia diperingatkan untuk MTQ Tingkat Nasional Banjarmasin pada 2023,” papar Ibnu Sina.

BACA : Mengulang Memori Banjarmasin di 1970, Martapura Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional ke-29

Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini pun berpesan agar Banjarmasin sebagai lumbung qori-qoriah tetap dijaga. Apalagi, selama perhelatan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalsel, kafilah Banjarmasin lima kali berturut-turut juara umum.

“Untuk MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalsel ke-29 di Kabupaten Banjar pada 2022, Banjarmasin harus jadi juara umum lagi keenam kalinya,” kata Ibnu Sina.

Menurut dia, tradisi juara itu harus menjadi penyemangat bagi kafilah Banjarmasin khususnya qori-qoriah, hafiz-hafizah, ofisial serta para pelatih.

BACA JUGA : Raih Juara Umum di MTQ ke-33, Pemkot Banjarmasin Masih Pikir-pikir soal Bonus Kafilah

Sejalan dengan visi-misi Banjarmasin Baiman, Ibnu Sina mengatakan ajang pra MTQ bisa melahirkan generasi Qurani Banjarmasin. Apalagi, kota merupakan lumbung qori-qoriah terbaik di Kalsel.

“Di masa pandemi ini, kami berharap anak-anak kitab isa mengukir prestasi terbaik yang membanggakan bagi Banjarmasin dan Kalimantan Selatan,” pungkas Ibnu Sina.

BACA JUGA : Ratusan Kafilah dari Kota Banjarmasin Dilepas Ikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalsel

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakot Banjarmasin Khairil Hidayat membeberkan peserta pra MTQ tingkat Kecamatan Banjarmasin Utara itu berjumlah 33 orang. Mereka berlomba di tujuh cabang yang akan dipersiapkan mengikuti MTQ Tingkat Nasional pada 2023 nanti. Sebelumnya, Pra MTQ juga digelar untuk Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Memang dari beberapa cabang itu semu diunggulkan. Semoga pada MTQ yang berikutnya kita dapat juara umum kembali. Apalagi, Banjarmasin sudah lima kali juara umum. Ini harapan kita ke depan,” kata Khairil Hidayat.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.