Ketua DPRD Balangan : Musrenbang Sarana Menjaring Aspirasi Masyarakat

0

PEMERINTAH Kabupaten Balangan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD tingkat Kecamatan beberapa waktu lalu.

GELARAN Musrenbang kecamatan ini bukan hanya dihadiri oleh unsur Forkopimca, Kepala Desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama namun juga turut dihadiri anggota DPRD Balangan.

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan menyampaikan, gelaran musrenbang ini merupakan sarana atau saluran aspirasi masyarakat terkait arah keinginan pembangunan yang dibutuhkan diinginkan oleh masyarakat.

Untuk itulah, menurut Ahsani Fauzan, pihaknya mengharapkan musrenbang ini dapat bermanfaat untuk pembangunan dan mensinkronkan usulan-usulan prioritas pembangunan dari tiap desa serta mengikuti visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Balangan.

“Segala sesuatu yang kita usulkan dan yang akan kita bangun merupakan niat baik untuk memajukan Balangan,’’ ungkapnya.

Pihaknya, lanjut, Fauzan, usulan-usulan pembangunan tingkat desa atau kecamatan dapat disinergikan dan menyelaraskan Anggaran Dana Desa (DD) dengan program-program prioritas Kabupaten.

“Infrastruktur fisik memang sangat penting, akan tetapi sektor-sektor lain juga harus diprioritaskan, kepala desa dan badan permusyawaratan desa harus kreatif dalam menyusun perencanaan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan Rakhmadi Yusni, mengatakan pihaknya telah menerima ratusan usulan yang datang dari masyarakat Balangan.

“Pada Musrenbang yang kami gelar di Kecamatan Juai, terdapat sebanyak 154 usulan yang masuk dalam pembahasan Musrenbang beberapa waktu lalu,” kata Rakhmadi.

Dia menjelaskan, tujuan dari Musrenbang tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menjaring usulan yang masuk dari warga masyarakat.

“Tentu dari sebuah Musrenbang kali ini bisa menghasilkan perencanaan yang baik dan berkualitas, kita harapkan sesuai dengan mekanisme perencanaan dan berkualitas dari sisi masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.