Diikuti 7 Sekolah, Jhonlin Group Goes To School Sosialisasikan K3 & Mining Tour

0

SOSIALISASI Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Mining Tour dilakukan Jhonlin Group kepada siswa-siswi SMA se-Tanah Bumbu, di Auditorium SMKN 1 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (23/2).

DIIKUTI 7 sekolah, yakni SMKN 1, SMKN 2, SMAN 1, SMKS Kodeco Simpang Empat, SMKS Bangun Banua, SMKS Tunas Bangsa Batulicin, SMKS Al Hidayah Batulicin, diawali dengan induksi kepada peserta mining tour, pemaparan materi seputar K3 di perusahaan dan tambang

Kemudian penyerahan apresiasi dan kerjasama dalam kegiatan rangkaian Bulan K3 tahun 2022 kunjungan ke lokasi kerja di PIT Trambesi, Penanaman pohon secara simbolisis, dilanjutkan dengan kunjungan ke Pelabuhan DSP jetty 1, kegiatan ditutup dengan makan siang di area nursery PT. JB site sungai dua.

BACA : Jhonlin-Hasnur Group Salurkan Beasiswa Putra-Putri Anggota Polda Kalsel Yang Gugur Bertugas

Kepala sekolah SMKN 1 Simpang Empat, Amran Ali berharap dengan dilaksanakannya kegiatan mining tour ini siswa siswi dapat menjadi corong informasi kepada masyarakat, bahwa proses pertambangan tidak hanya mengeksplorasi sumber daya alam melainkan ada upaya perbaikan berkelanjutan yg dilakukan perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Jhonlin Group yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini, selain anak mendapat pengalaman baru, mereka dapat menambah wawasan dan pengetahuan langsung dari perusahaan,” paparnya.

Kedepan mungkin kami harapkan kegiatan seperti ini bisa berlanjut, tidak hanya di sektor pertambangan, bisa di pertanian atau bidang lainnya. “Karena potensi SDM yang ada di perusahaan khususnya Jhonlin Group sangat mungkin membagikan ilmunya kepda sekolah-sekolah yang ada di Tanah Bumbu,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan dari Jhonlin Group dr Fadly Wirawan menyampaikan, kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi pentingnya memelihara lingkungan, SHE Jhonlin Group bersama PT. Jhonlin Baratama menggelar sosialisasi K3 dan Mining Tour untuk memperingati Bulan K3 Nasional.

BACA JUGA : Bisa Kurangi Impor, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Jhonlin Group

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas bagi pelajar -pelajar di Tanah Bumbu tentang dunia tambang , dunia K3LH di pertambangan, dan bagaimana perusahaan mengelola pertambangan dengan cara yang bertanggung jawab melalui proses reklamasi lahan tambang,” katanya.

Pelajar yang mengikuti kegiatan ini bisa menjadi duta-duta perusahaan yang bisa memberikan gambaran ke masyarakat luas khususnya di Tanah Bumbu, lanjutnya. Kegiatan pertambangan yang notabene harus merusak ekosistem alam tetapi dengan cara yang bertanggung jawab bisa disosialisasikan.

“Kegiatan ini juga diharapkan memberikan motivasi dan gambaran kepada pelajar mengenai dunia kerja di Tanah Bumbu,” jelasnya.

Siswa SMK Kodeco, Aditya Purnama Putra menambahkan, kegiatan yg diadakan Jhonlin Group  ini banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman, terlebih lagi mengenal langsung dunia kerja.

“Materi K3 saat sosialisasi di SMKN 1 Simpang Empat diantaranya Keselamatan dan Kesehatan Kerja meliputi Dasar-dasar K3, Pirakida Kecelakaan, Penyebab Kecelakaan, Istilah-istilah dalam K3, Higiene dan sanitasi, Ergonomi kemudian House keeping, dan 5R (Ringkas, Resih, Rapi, Rawat dan Rajin),” ujarnya.

Pendamping peserta mining tour dari SMKN 1 Simpang  Empat, Eko Wijaya Sebagai pendamping berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut, bahkan pihak perusahaan bisa jadi guru tamu di SMK atau sekolah sekolah yang ada di Tanah Bumbu.

“Hal ini dapat memberikan wawasan industri ke peserta didik, kemudian lagi soft skill untuk bekerja di perusahaan dan budaya K3 dan dunia kerja nantinya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/02/23/diikuti-7-sekolah-jhonlin-group-goes-to-school-sosialisasikan-k3-mining-tour/
Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.