UU Provinsi Kalsel Baru Disahkan Rentan Digugat ke Mahkamah Konstitusi

0

Oleh : Dr Muhammad Pazri

MEMANG kita sangat sepakat keberadaan Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 1956 jo UU Nomor 21 Tahun 1958 tentang Penetapan UU Darurat Nomor 10 Tahun 1957, menjadi dasar pembentukan Daerah Swantara (Provinsi) Tingkat I Kalimantan Selatan, harus direvisi atau diubah.

SECARA historis, Provinsi Kalsel berdiri pada 1 Januari 1957 dengan dasar UU Nomor 25 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Otonom Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Sebelumnya, tiga provinsi menjadi satu di bawah satu Provinsi Kalimantan, hingga pada 23 Mei 1957, Provinsi Kalimantan Selatan pun dipecah menjadi Provinsi Kalsel dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan dasar terbitnya UU Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang  Pembentukan Daerah Swantara Provinsi Kalteng.

Sebab, secara yuridis, dasar pembentukan Provinsi Kalsel dinilai telah kedaluwarsa (out of date),karena dibentuk menggunakan UUDS Tahun 1950, sehingga muatannya dianggap tak sesuai dengan perkembangan ketatanegara terkini.

BACA : Pasal 4 RUU; Ibukota Kalsel di Banjarbaru, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina: Uji Publik Dulu!

Namun setelah mencermati dan membaca UU Provinsi Kalsel yang baru disahkan tanggal 15 Februari 2022, selain banyak  menuai polemik seperti Pasal 4 Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan berkedudukan di  Kota Banjarbaru, dalam UU Kalsel yang baru disahkan terkesan tidak mengakomodir landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan yuridis, kebutuhan Kalsel dan sangat tidak lengkap serta ke depan akan menimbulkan ketidak pastian hukum.

UU yang baru disahkan hanya 8 Pasal dan terdiri dari Bab I Ketentuan Umum,Bab II Cakupan wilayah,ibu kota dan karakteristik dan Bab III ketentuan Penutup.

Ini menjadi catatan kritis saya dalam setiap Bab dan Pasal:

-Bab Ketentuan Umum  tidak menguraikan secara lengkap istilah-istilah

-Asas dan tujuan dalam Undang-Undang  tidak ada

-Posisi, batas ,pembangunan wailayah dan tujuan Provinsi tidak jelas  secara detail menyebutkan lintang, derajat serta batas-batas,ketika sengketa batas antar provnisi akan jadi maslah baru

-Karaketristik Provinsi Kalsel masih belum  jelas karena tidak melihat kearifan lokal,nilai budaya sebenarnya

-Kewenangan dan Pembagian Urusan Pemerintah Provnisi dalam UU tidak ada

-Perencanaan pembanguan tidak ada, padahal pindah ibukota dari Banjarmasin ke Banjarbaru

-Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP) tidak dimuat

-Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKP) tidak ada

-Pola dan pembangunan Provinsi Kalsel tidak ada

-Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/ Kota tidak ada

-Pedoman penyusunan dokumen pembangunan tidak ada

-Pedoman Pendekatan Pembangunan tidak ada

-Bidang Prioritas tidak ada

-Pembangunan Perekonomian dan  Industri tidak ada

-Sistem Pemerintah berbasis elektoronik tidak ada padahal seharusnya sejalan dan bekesesuaian dengan rencana Pemerintah Pusat

-Pendanaan,pendapatan dan alokasi dana perimbangam tidak ada.

-Bab Partisipasi Masyarakat tidak ada

Yang jadi pertanyaan saya dimana posisi tawar  Pemprov Kalsel  dan DPRD Provinsi Kalsel Kalsel pada saat proses pembentukan UU tersebut seperti apa kajian teoritik dan praktik empirik itu dimasukkan?

BACA JUGA : Tolak Ibukota Provinsi Pindah ke Banjarbaru, Eks Wagub Kalsel Siap Pasang Badan

Apakah sudah diakomodir juga masukan masing-masing daerah dan sejauh mana pastisipasi masyarakat? UU tersebut sangat prinsip dan sangat serius. Saya menjadi khawatir pembentukan undang-undang hanya berpikir bahwa membentuk undang-undang merupakan kewenangannya saja tanpa memikirkan keinginan masyarakat sebenarnya. Padahal seharusnya rakyat juga memiliki hak untuk mengetahui proses legislasi yang berlangsung di DPR RI.

Ingat kondisi Kalsel sangat ironis. Kaya sumber daya alam (SDA) namun listrik sering padam, jalan dan sarana prasarana tidak memadai, masyarakat belum sejahtera hignga lapangan kerja sulit.

Sehingga kesimpulan saya, UU Provinsi Kalsel yang baru sahkan harus dikaji lebih mendalam perlu di ji publik. Ini karena saya menganggap sangat rentan UU Provinsi Kalsel tersebut digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), diuji dengan ketentuan Pasal 18, Pasal 18A, Pasal 18B ayat (2), Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22D ayat (2) UUD 1945.

BACA JUGA : Banjarbaru Jadi Ibukota Provinsi Kalsel, Ini Kata Aditya Mufti Ariffin

Kalaupun mau gugat bisa melalui judicial review di Mahkamah Konstitusi. Dasarnya adalah Pasal 24C ayat (1) UUD 1945, MK berwenang antara lain, mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji Undang-Undang terhadap Undang-Undang Dasar.

Dan Pasal 9 ayat (1) UU  Nomor  12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan berbunyi dalam hal suatu Undang-Undang diduga bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pengujiannya dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi.

Seharusnya  perlu diingat dalam membuat Perundang-undangan yang baik berdasarkan Pasal 5 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, harus memperhatikan dan memuat asas, kejelasan tujuan, kelembagaan atau pejabat pembentuk yang tepat, kesesuaian antara jenis, hierarki, dan materi muatan, dapat dilaksanakan, kedayagunaan dan kehasilgunaan, kejelasan rumusan dan keterbukaan. (jejakrekam)

Penulis adalah Presiden Direktur Borneo Law Firm (BLF) Banjarmasin

Pemerhati Kebijakan Publik

Pencarian populer:Di gugat walikota ibukota,undang undang pembentukan provinsi kalsel
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.