Dibuka Anggota DPR Syaifullah Tamliha, KBB Se-Jabotabek Dipimpin Eks Wakil Menlu AM Fachir

0

ANGGOTA Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) I Kerukunan Bubuhan Banjar se-Jabodetabek.

SEJUMLAH tokoh Bubuhan Banjar berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menghadiri Muswil I KBB yang berlangsung di Aula Kantor Badan Penghubung Pemprov Kalsel di Jalan Biliton, Jakarta, Sabtu (19/2/2022).

Muswil I KBB se-Jabodetabek ini pun memilih ketua umum yang baru. Karena sebelumnya, Ketua Umum KBB se-Jabodatebek H Ardiansyah Parman (mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan) mengundurkan diri. Mayoritas peserta muswil pun menampilkan identitas sebagai Urang Banjar dengan mengenakan setelan pakaian sasirangan serta mengenakan laung.

Mayoritas tokoh dan peserta Muswil I  KBB se-Jabodetabek sepakat untuk memilih mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir sebagai ketua umum ambassador yang baru. Diplomat senior yang pernah menjadi Duta Besar RI di Mesir dan Arab Saudi ini dipilih karena tergolong aktif dalam organisasi kemasyarakatan etnis Banjar di perantauan ini.

BACA : Kerukunan Bubuhan Banjar Palu Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir HSU

Anggota DPR RI dari Fraksi PPP, H Syaifullah Tamliha saat membuka Muswil I KBB Se-Jabodetabek di Aula Kantor Badan Penghubung Pemprov Kalsel di Jakarta. (foto Istimewa)

Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPP PPP Syaifullah Tamliha merasa terhormat karena bisa membuka acara Muswil KBB se-Jabodetabek. Sebagai wakil rakyat Kalsel di Senayan Jakarta, Syaifullah Tamliha mengatatakan perhelatan Muswil I KBB se-Jabodetabek merupakan momentum penting bagi masyarakat Banjar di perantauan.

“Sebab, Ketua Umum KBB se-Jabodatabek sebelumnya telah mengundurkan diri. Apalagi, dalam Muswil I KBB se-Jabodetabek kali ini dipilih seorang tokoh Banjar yang pernah menjadi Wakil Menteri Luar Negeri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019,” ucap Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, Sabtu (19/2/2022).

BACA JUGA : Konsep Bubuhan, Sistem Keluargaan Masyarakat Banjar Jadi Warisan Budaya (1)

Menurut dia, Muswil I KBB se-Jabodetabek merupakan bagian dari rangkaian persiapan permusyawaratan KBB Sedunia yang saat ini dipimpin mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin.

“Jadi, dengan terisinya kepengurusan KBB Se-Jabodatabek yang baru menggantikan ketua umum yang mengundurkan diri, maka Musyawarah KBB Sedunia akan bisa digelar pada November 2022 nanti,” kata Syaifullah.

Dia berharap agar kegiatan muswil KBB bisa dihelat secara virtual per zona. Ini karena saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 dengan merebaknya kasus varian Omicron.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.