Berdekatan Dengan 4 Batang Tiang Telkom, Perbaikan Pipa PDAM Molor

0

PERBAIKAN kebocoran pipa distribusi primer PVC diameter 630 mm yg berlokasi di Jalan Soetoyo S Banjarmasin atau bertepatan di depan masjid Al Khair mendapati kendala. Mengakibatkan distribusi air ke pelanggan sebagian di wilayah Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Tengah masih terhambat.

DIREKTUR Utama PDAM Bandarmasih PDAM Kota Banjarmasin Ir H Yudha Achmady menyampaikan, pihaknya hingga saat ini masih menyelesaikan perbaikan pipa distribusi tersebut. Dan kendala yang dihadapi di lapangan, ternyata ada tiang telkom yang masih aktif.

Pihaknya pun terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan pihak Telkom sejak kemarin sore. Koordinasi yang memakan waktu itu, mengakibatkan pihaknya baru bisa mulai pekerjaan pukul 22.00 WITA hingga pukul 03.00 dinihari tadi.

BACA: Syukuran HUT ke-49, PDAM Bandarmasih Segera Selesaikan Keluhan Masyarakat

“Kendala yang terjadi dilapangan, bukan saja ada tiang Telkom yang menghambat pekerjaan. Tapi juga bersamaan naiknya air pasang, sehingga tim kami tidak bisa menyelesaikan atau mengeksekusi pekerjaan itu,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (19/2/2022).

Dengan adanya kendala itu Yudha pun mengatakan, pagi ini pukul 08.30 WITA baru bisa mematikan pompa secara total dan pelaksanaan perbaikan kembali dilanjutkan. Estimasi pelaksanaan perbaikan hingga pihaknya kembali menghidupkan pompa pukul 14.00 WITA.

Sedangkan air mengalir sampai ke pelanggan tergantung jarak dan tekanan. “Jika pelanggan berada di kawasan ujung, maka kemungkinan pada malam hari air ledingnya baru mengalir,” bebernya.

Yudha pun memohon maklum, memang rencana di kawasan itu mau kami ganti pipa yang cukup besar, tapi sekarang ini masih dalam proses DED dan sekaligus perizinan. “Saat ini, kami masih berkoordinasi dengan pihak Balai Jalan Nasional Kalimantan Selatan, bagaimana nanti menempatkan pipa itu agar tidak mengganggu kepentingan lalu lintas,” ujarnya.

BACA JUGA: Disiplin Bayar Tagihan, 25 Pelanggan Teladan PDAM Bandarmasih Diganjar Hadiah

Sementara itu Humas PDAM Bandarmasih Nur Wahid membenarkan, bahwa di lokasi bocornya pipa PDAM itu ada empat tiang Telkom. “Kalau kita gali maka akan terjadi runtuh, sehingga inilah yang menjadi kendalanya sampai perbaikan pipa itu molor,” ujarnya.

“Tapi alhamdulillah, koordinasi yang berjalan dengan lancar maka tiang Telkom yang empat batang tadi diganti dengan satu tiang. Maka dengan kejadian ini distribusi kepelanggan akan normal kembali diperkirakan pukul 21.00 WITA pada hari ini (Sabtu, 19/2/2022),” tambahnya.

“Selanjutnya bagi pelanggan yg memerlukan air dengan mobil tangki bisa menghubungi Call Center PDAM Bandarmasih di 0511-3252541 atau WhatsApp Center 0811-5151-46,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.