Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng Berharap Kepala SOPD Berkoordinasi Tim Pemeriksa

0

KEPALA Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalteng, Agus Priyono melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Kabupaten Barito Utara.

KEDATANGAN rombongan disambut oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Drs Muhlis dan beberapa Kepala Perangkat Daerah di Rumah Jabatan Bupati, Selasa (15/2/2022).

Wakil Bupati menyampaikan permintaan maaf kepada rombongan, dikarenakan Bupati sedang melaksanakan tugas di luar daerah, sehingga dirinya yang mewakili untuk menyambut kedatangan Kepala BPK RI Perwakilan Prov Kalteng beserta rombongan,.

BACA: Pemkab Barut Terima Penghargaan Dari BPKP Kalteng

Disampaikan juga bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara meminta masukan, arahan dan bimbingan dalam laporan keuangan daerah. “Sehingga nantinya, kami dapat memperoleh Opini WTP untuk ke-8 kalinya berturut-turut,” ujarnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Prov Kalteng, Agus Priyono meminta agar laporan keuangan unaudited dapat disampaikan pada tanggal 18 Maret 2022. Berdasarkan peraturan, paling lambat di 31 Maret.

“Proses Ini untuk menghindari pemeriksaan diwaktu bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” kata Agus.

Oleh karena itu, persiapan diperlukan dari Pemda. Terlebih, saat ini akun-akun keuangan pemda menggunakan SIPD. Meskipun baru 3 Pemda yang menerapkan full SIPD se-Indonesia, tetapi dengan berproses, sehingga kedepannya semua Pemda menggunakan SIPD.

BACA JUGA: Pemkab Barut Gelar Entry Meeting Dengan BPK RI Perwakilan Kalteng

Kepala BPK RI Perwakilan Prov Kalteng ini juga menyampaikan agar semua kepala perangkat daerah dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan tim BPK yang saat ini melakukan pemeriksaan interim LKPD di Barut.

Disampaikan agar data dan informasi, diberikan langsung oleh pejabat yang menandatanganinya.

“Kita harapkan adanya inovasi dan terobosan yang menggunakan sistem, sehingga pelaporan dapat lebih cepat. Manfaatkan semua kemajuan teknologi, sehingga memudahkan pekerjaan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.