Uji Coba di Jafri Zamzam, Dishub Banjarmasin : Berhasil, Parkir Tepi Jalan Diterapkan e-Parking

0

SISTEM pembayaran parkir tak lagi menggunakan uang cash atau tunai, namun dengan uang elektronik (e-Parking) mulai diberlakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin.

UNTUK di Banjarmasin, kawasan Jalan Jafri Zamzam dari perempatan Jalan Sutoyo S hingga Jalan PM Noor, telah ditetapkan untuk uji coba program e-Parking.

Hal ini ditandai dengan pemasangan spanduk di sepanjang Jalan Jafri Zamzam oleh Dishub Banjarmasin. Sebab, kawasan ini terutama di depan kawasan RS Suaka Insan, sering dipadati parkir motor maupun mobil, hingga truk angkutan.

“Untuk tahap awal atau uji coba dipilih kawasan Jalan Jafri Zamzam. Jadi, bagi para pengendara roda dua maupun roda empat akan dikenakan tarif e-Parking. Biaya retribusi parkir itu sama saja dengan parkir konvensional atau umum, tapi bedanya menggunakan uang elektronik,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Bedjo kepada jejakrekam.com, Minggu (13/2/2022).

BACA : Pos Parkir Kawasan Sudimampir II Sulitkan Pedagang dan Masyarakat

Menurut dia, titik pertama uji coba e-Parking di Jalan Jafri Zamzam. Jika nanti dianggap berhasil, maka sejumlah titik atau kantong parkir yang ada di Banjarmasin akan diterapkan motode penagihan serupa.

“E-Parking ini menyasar titik kantong parkir khususnya yang berada di tepi jalan. Untuk pengelolaan e-Parking ini, kami serahkan ke pihak ketiga,” kata Slamet Bedjo.

Kepala Bidang Keselamatan Jalan Dishub Banjarmasin ini menerangkan pihak ketiga yang akan memasang alat e-Parking, termasuk rambu-rambu lalu lintasnya. Terutama di sepanjang Jalan Jafri Zamzam.

“Begitu nanti peralatannya sudah dipasang, baru nanti disosialisasikan kepada masyarakat. Jadi, masyarakat sudah siap untuk sistem e-Parking,” kata Bedjo.

BACA JUGA : Gedung Tjung Hua Tjung Hui Lenyap, Rencana Gedung Parkir 6 Lantai di Atas Kertas

Menurut dia, uji coba di kawasan Jalan Jafri Zamzam diberlakukan sembari dievaluasi. Nah, kata Bedjo, jika nanti sistem parkir elektronik ini ternyata berhasil dan tidak ada kendala, maka dilanjutkan di beberapa zona atau ruas jalan lainnya.

“Ini berdasar arahan dari Pak Wali (Walikota Ibnu Sina), karena Banjarmasin sudah saatnya menggunakan teknologi digital, seperti e-Parking. Kami juga telah memetakan beberapa kawasan yang nanti diterapkan e-Parking, sembari hasil uji coba di kawasan Jafri Zamzam,” ucap Bedjo.

Hal ini, menurut dia, dengan adanya e-Parking maka potensi retribusi maupun pajak parkir akan bisa terdeteksi, termasuk bisa memininalisir kebocoran.

BACA JUGA : Deretan Truk Trailer Parkir di Bahu Jalan Gubernur Soebardjo Bahayakan Pengguna Jalan

Diakui Bedjo, e-Parking termasuk sistem berbasis teknologi informasi (TI) tergolong baru, sehingga perlu disosialisasikan. Termasuk, dalam pengoperasian atau aplikasinya juga harus dipahami petugas Dishub Banjarmasin dan para juru parkir, karena melibatkan pihak perbankan.

“e-Parking ini menggunakan aplikasi tertentu. Harapannya nanti dalam uji coba di Jalan Jafri Zamzam bisa berjalan lancar, tanpa ada kendala. Saat ini, spanduk pemberitahuan sudah kami pasang di sejumlah titik kantong parkir di Banjarmasin,” ucap Bedjo.

BACA JUGA : Kurangi Aktivitas Bongkar Muat Tepi Jalan, Lahan Parkir Khusus di Pelabuhan Trisakti Disiapkan

Mengenai tarif retribusi parkir, Bedjo mengatakan tetap sama berdasar Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Perda Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir.

Untuk tarif parkir di tepi jalan umum satu kali parkir adalah sebagai berikut :

  1. Kendaraan tempelan/gandingan Rp 10.000
  2. Kendaraan truk ukuran berat Rp 8.000
  3. Kendaraan truk dan bus Rp 5.000
  4. Kendaraan truk mini dan sejenisnya Rp 4.000
  5. Mobil sedan, minibus dan pick-up Rp 3.000
  6. Bajaj, Kaisar, Tossa atau Roda 3 Rp 2.000
  7. Sepeda Motor Rp 2.000.(jejakrekam)

.

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/02/13/uji-coba-di-jafri-zamzam-dishub-banjarmasin-berhasil-parkir-tepi-jalan-diterapkan-e-parking/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.