Rebut Mayoritas Suara, Deddy Iskandar Pimpin IAI Kalsel Periode 2022-2025

0

DEDDY Iskandar Ma’ruf  terpilih dan ditetapkan sebagai Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Kalimantan Selatan periode 2022-2025.

DEDDY menggantikan Ketua IAI Kalsel sebelumnya Pakhri Anhar yang telah mengakhiri masa jabatannya. Penetapan Deddy sebagai ketua ini berlangsung dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) IAI Kalsel ke-8 di Hotel TreePark, A Yani Km 6, Kertak Hanyar, Sabtu (12/2/2022).

Rangkaian Musprov IAI Kalsel ke-8 yang berlangsung selama dua hari ini berakhir. Sebelumnya pada pembukaan Musprov IAI Kalsel diisi dengan seminar nasional hybrid bertajuk Urgensi Lisensi Arsitek untuk Inovasi Arsitektur Banua pada Jumat (11/2/2022). Diskusi ini menghadirkan pembicara Ar. I Ketut Rana Wiarcha, IAI,AA  (Ketua ASEAN Architect 2021-2023, Ketua Umum IAI 2020-2021, Ketua IAI Bali 2008-2014)  dan Pakhri Anhar (Ketua IAI Kalsel periode 2018-2021).

“Dengan terpilihnya ketua dan dilanjutkan serah terima jabatan ketua akan berlangsung tidak terlalu lama,” ucap Ketua Panitia Musprov IAI Kalsel ke-8, Akbar Rahman kepada jejakrekam.com, Sabtu (12/2/2022).

BACA : 21 Tahun IAI Kalsel, Pameran Karya Arsitektur Diminati Pengunjung

Akbar menambahkan dalam pemilihan ketua tahap kedua, Deddy berhasil mengungguli dua calon lainnya dengan perolehan 70 suara dalam adu voting peserta Musprov IAI dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Sementara Martady Effendie hanya merebut 20 suara. Sedangkan, pesaing lainnya, Eva Susanti Mulyadi Saputri mendulang 13 suara. Ini perolehan suara dari total suara yang masuk ke panitia sebanyak 109 suara.

Tiga kandidat Ketua IAI Kalsel memperebutkan suara dari peserta Musprov IAI Kalsel. (Foto Istimewa)

Sebagai Ketua IAI Kalsel terpilih, Deddy Iskandar Ma’ruf memiliki waktu maksimal 30 hari untuk menyusun kepengurusan baru periode 2022-2025.

“Kami bersyukur telah  menjalankan proses Musprov IAI Kalsel ke-8 berjalan sesuai dengan rencana. Ini karena adanya keinginan kuat untuk bersama lancar dan sukses,” kata dosen Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

BACA JUGA : Buahkan Karya Arsitektur Monomental, IAI Kalsel Diharapkan Terus Berkiprah

Akbar berharap dengan adanya ketua yang baru ini, sebagai arsitek tentu organisasi profesi ini akan lebih maju. Apalagi, dalam amanat IAI Nasional diharapkan bahwa IAI merupakan organisasi profesi arsitek yang diakui pemerintah untuk menjalankan amanat UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek, dengan lebih profesional.

Sementara itu, Kepala Badan Regulasi IAI Nasional Muhammad Deny Dispuanto yang turut hadir dalam Musprov IAI Kalsel di Banjarmasin.

Ia mengatakan pengurus yang baru ini di bawah kepemimpinan Deddy Iskandar agar dapat membawa IAI Kalsel lebih maju. Terutama, bisa mempertajam perannya di Provinsi Kalsel.

BACA JUGA : Musprov IAI Kalsel, Inovasi Untuk Banua

“Kami berharap IAI bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah, baik Pemprov Kalsel maupun pemkab dan pemerintah kota di Kalsel agar lebih baik lagi. IAI juga dapat berperan melindungi arsitek-arsitek yang ada di Kalsel, sehingga dapat memberikan kontribusi yang luas  kepada masyarakat di Kalsel,” papar Deny.

Tantangan IAI ke depan diungkap Deny cukup berat. Ini karena banyak peraturan yang berubah. Termasuk, persaingan arsitek kian tajam. “Apalagi, arsitek jgua tidak hanya ada di provinsi, tapi juga di luar provinsi bahkan arsitek dari luar negeri pun bisa masuk ke dalam negeri,” katanya.

Deny menekankan agar para arsitek lokal harus dilindungi, terutama meningkatkan kompetensi sehingga tidak kalah bersaing dengan arsitek dari luar.(jejakrekam)

Pencarian populer:ketua ikatan arsitek indonesia kalimantan selatan
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.