Lonjakan Covid-19 di Banjarmasin: Sehari Tambah Ratusan Kasus, PPKM Bakal Naik Level?

0

LONJAKAN kasus Covid-19 terjadi di Banjarmasin beberapa hari terakhir. Dari data pemerintah, total kasus aktif virus corona di Kota Seribu Sungai sudah tembus 1500 pasien.

PENAMBAHAN kasus baru misalnya terjadi secara drastis pada Rabu (9/2/2022). Dinkes Banjarmasin mencatat ada tambahan 370 kasus. “Selasa (8/2/2022) 274 kasus,” ujar Plt Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi, kepada jejakrekam.com.

BACA JUGA: Temuan Covid-19 Omicron Di Kalsel Jadi 14 Kasus, Banjarmasin Mendominasi

Dari ribuan kasus yang masih aktif, Machli meyakini banyak kasus tergolong varian baru dari Omicron. Sebab, sebelumnya sudah ada temuan 6 warga yang dipastikan sudah terpapar varian baru Covid-19 tersebut.

“Bisa jadi semua omicron tapi tidak bisa dijustisifikasi, harus dibuktikan dengan pemeriksaan ke laboratorium,” jelasnya.

BACA JUGA: Ahli Epidemiologi Kalsel Sebut Tak Perlu Waswas dengan Hadirnya Varian Omicron

Dilain sisi, Machli menyampaikan bahwa stok vaksin baru di dapat beberapa hari lalu dari dinkes provinsi sebanyak 31.965 dosis dan dosis tersebut yang akan digunakan untuk anak – anak. Untuk capaian target vaksinasi sementara sudah 84% masyarakat umum dan 49% lansia.

Sementara itu, PPKM di Banjarmasin saat ini berada di level 2. Salah satu pertimbangan PPKM naik tergantung dengan jumlah kasus yang terjadi dan itu menunggu arahan dari Kemendagri.”Masyarakat jangan panik tapi waspada, jangan lengah kita waspadai dan lindungi lansia dan anak,” tutup Machli. (jejakrekam)

Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.