IAI Kalsel Segera Gelar Musprov dan Seminar Nasional

0

IKATAN Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Selatan akan menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) VIII di Hotel Tree Park, Kertak Hanyar, Jumat (11/2/2022).

MUSPROV VIII IAI Kalsel akan menjadi momentum untuk mengevaluasi diri dan bangkit, guna menyongsong perubahan paradigma dan tantangan dunia profesi arsitek kedepan,” ungkap ketua panitia Musprov IAI Kalsel, Akbar Rahman kepada Jejakrekam.com, Rabu (9/2/2022).

Di acara musprov itu juga nantinya akan diadakan seminar nasional secara hybrid, dengan topik ‘Urgensi Lisensi Arsitek Untuk Inovasi Arsitektur Banua’.

BACA: Sorot Fenomena Bangunan Ambruk, IAI Kalsel Gelar Sayembara Desain Halte Dan Dermaga Transportasi Sungai

Doktor Alumni SAGA University Jepang ini menambahkan, kegiatan seminar nanti gratis diikuti dan terbuka untuk umum.

Bagi yang ingin mengikuti seminar ini secara daring/online, bisa mendaftar melalui link https://bit.ly/SemNasIAIKalsel.

Sedangkan bagi yang menginginkan sertifikat dengan nilai KUM 3, bisa melakukan pembayaran sebesar Rp 50.000,- melalui BANK MANDIRI NO. REK 031-00-1088918-9 An. IKATAN ARSITEK INDONESIA DAERAH KALIMANTAN SELATAN. Bukti pembayaran disertakan saat mendaftar.

Seminar nasional ini digelar dengan 3 kunci, yaitu lisensi arsitek, inovasi arsitek dan arsitektur banua.

Lisensi Arsitek: Kata kunci ini berkaitan dengan peran profesi arsitek dalam upaya mendukung Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek, PP No 15 Tahun 2021, dan SE Menteri PUPR No 3 Tahun 2022 terkait dengan hal-hal yang harus disiapkan arsitek kedepannya seperti STRA, Lisensi, Uji Kompetensi, dan hal-hal lainnya untuk meningkatkan daya saing arsitek Indonesia di kancah global.

BACA JUGA: Huntara Rampung Telah Dihuni Warga, IAI Kalsel Rancang Bangunan Tahan Arus Air

Inovasi Arsitek: adalah upaya penciptaan atau modifikasi dari berbagai macam komponen yang sudah ada serta dituangkan dalam bentuk karya, metoda, ataupun gagasan dalam ruang lingkup ilmu arsitektur

Arsitektur Banua: adalah terminiologi yang merepresentasikan warisan arsitektur trandisional, vernakular, hingga karya-karya arsitektur kontemporer di Kalimantan Selatan hingga saat ini dalam upaya pelestarian nilai-nilai lokal.

Tiga kata kunci ini menghadirkan 2 pembicara arsitek yang sesuai dengan pengalaman kearsitekannya. Pertama, Ar I Ketut Rana Wiarcha IAI AA yang saat ini menjabat sebagai Ketua ASEAN Architect. Pembicara kedua Ir Pakhri Anhar MT yang saat ini menjabat sebagai Ketua IAI Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.