Husairi Abdi

Siap-siap! ULM Mulai Perkuliahan Tatap Muka Terhitung 7 Februari 2022

0

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) bakal menyelenggarakan perkuliahan tatap muka terhitung mulai 7 Februari 2022 mendatang.

PELAKSANAAN kuliah tatap muka sesuai dengan edaran Rektor No.113/UN8/SE/2022 yang dikeluarkan pada 3 Januari 2022 lalu tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat.

Dalam edaran tersebut, terdapat ketentuan yang harus dipenuhi agar proses pembelajaran tatap muka penuh dijalankan.

Pertama, kampus harus menerapkan protokol kesehatan, menyediakan thermogun, dan memastikan aplikasi Pedulilindungi dapat digunakan. Kedua, pihak kampus dapat melakukan testing dan tracing secara berkala.

Ketiga, sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang melakukan aktivitas di kampus harus dalam keadaan sehat dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali.

BACA JUGA: Pekan Ketiga Oktober ULM Sudah Gelar PTM Terbatas, Rektor : Lebih Efektif Didik Mahasiswa

Aminuddin Prahatama Putra, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik ULM, menyampaikan bahwa semua keputusan terkait mekanisme pelaksanaan PTM nantinya dikembalikan kepada pimpinan fakultas/direktur program masing-masing.

Pihak universitas sudah menyediakan setiap gedung di fasilitasi Pedulilindungi dan penerapan pengukur suhu tubuh atau  thermogun yang digunakan untuk masuk ke lingkungan kampus.

“Beberapa fakultas -dekan- membijaksanai harus dengan menerapkan pembelajaran secara tatap muka tetapi dengan kondisi menerapkan prokes itu menjadi syarat utama diikuti,” ujar Aminuddin kepada Jejakrekam.com pada Rabu (2/2/2022).

BACA JUGA: Anggota Tim Pakar Covid-19 ULM Khawatir Sekolah Tatap Muka Dapat Memicu Kluster Keluarga

Meski belakangan angka Covid-19 mulai menunjukkan kenaikan, ULM yang juga dipayungi dengan adanya tim Satgas Covid-19 akan selalu siap memonitor proses PTM nantinya. Apabila ada yang terindikasi segera mungkin akan diambil tindakan.

Di lain sisi, Aminuddin mengungkapkan  bahwa pada semester genap ini akan mendorong pelaksanaan perkuliahan tatap muka,  lantaran ia tidak memperkirakan hampir 306 rekomendasi mahasiswa minta cuti dengan alasan mereka sedang bekerja.

“Berarti ada indikasi bahwa semester yang lalu itu mereka lantaran tidak perkuliahan tatap muka, mereka bukan justru kuliah ikut yang tatap muka dengan kamera, tapi kameranya bisa ditutup, tapi orangnya ke mana-mana,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Aminuddin mengharapkan agar dalam perkuliahan tatap muka nantinya mahasiswa dapat melaksanakan sebaik mungkin sehingga tidak hanya kemampuan kognitif saja, melainkan afektif dan psikomotorik pun juga di dapatkan dalam PTM nantinya. (jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.