DKUMP2 Tanbu Gelar Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula

0

MENYIKAPI mahalnya minyak goreng dan gula, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bergerak cepat dengan menggelar Pasar Murah pada, Rabu (2/2/2022) di halaman Kantor DKUMP2.

KEPALA DKUMP2 melalui Kabid Perdagangan dan Metrologi Heriansyah mengungkapkan, langkah persiapan memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar murah ini, telah tersedia gula sebanyak 500 kilogram dikemas dalam paket 2 kilogram. “Harga minyak gorengdalam pasar murah itu, tentu mengikuti aturan pemerintah yakni seharga Rp14 ribu perliter, sedangkan gula pasir mematok harga Rp12 ribu perkilogram, ” sebutnya. 

Penyelenggaraan pasar murah, jelasnya, bersifat umum kerena pemerintah memeratakan kalangan pembeli. Terkait penjualan di toko modern, Ia memastikan sudah memantau agar memberlakukan harga yang telah diatur pemerintah. “Alhamdulillah toko modern seperti GS sudah mengikuti harga standar yang telah ditetapkan pemerintah seharga Rp14 ribu perliter, ” ujarnya. 

BACA: Pemkab Tanbu Ikuti RUPS PT Nusantara Batulicin

Lalu, bebernya, pasar tradisional secara bertahap, dan alhamdulillah turut menyesuaikan. “Hanya satu yang menjadi kesulitan bagi kami. Diantara pedagang masih ada yang membeli dari Banjarmasin, sehingga mereka harus bertahap mengikuti aturan harga dari pemerintah,” ucapnya. 

Ia berharap, adanya pasar murah memberikan kemudahan pedagang untuk menjalankan menjalankan usahanya sesuai kebijakan pemerintah. “Semoga harga ditingkat toko modern dan pasar rakyat mengalami harga yang sama dan masyarakat kita lebih terjamin untuk mendapatkan minyak goreng yang standar,” katanya.

Bahkan, Ia meyakini, pasar murah dapat meringankan beban masyarakat selama ini. “Pasar murah menjadi solusi sementara pemerintah daerah. Dengan mematok harga minyak goreng Rp14 ribu perliter, dan gula pasir harga Rp12 ribu perkilogram,” paparnya. 

Sementara harga di pasaran, katanya, baik pasar modern maupun tradisional berkisar Rp16 ribu lebih untuk minyak goreng dan Rp14 ribu harga gula pasir. “Dimulainya kegiatan pasar murah ditandai penyerahan paket sembako secara simbolis oleh Ketua TP PKK Tanbu Hj Wahyu Windarti Zairulllah kepada salahsatu pembeli. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.