Husairi Abdi

Catatan 2 Tahun Kepemimpinan Daerah Kabupaten Batola, Pandemi dan Sungainya

0

Oleh : Setia Budhi, Ph.D

TERKAIT dengan masa jabatan kepala daerah yang akan habis masa jabatannya tahun 2022, terutama Kabupaten Barito Kuala (Batola), ini menjadi catatan penting bagaimana kepemimpinan hanya sempat berjalan dua tahun.

DAN, itupun tentu saja tidak banyak terjadi perubahan jika manajemen pemerintahan hanya dilihat mulai dari aspek perencanaan dan implementasinya. Sebut saja misal, jika prestasi pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Barito Kuala dengan merujuk pada pelaksanaan Hari Pangan se-Dunia (HPS) di Desa Jejangkit, itu pun masih menyisakan banyak kendala.

HPS bukan satu satunya jalan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, sebab daya dukung alam tidak ramah terhadap keberkanjutan program tersebut. Desa Jejangkit diterjang banjir besar tahun 2021 yang menjadikan harapan ketahanan pangan menjadi sirna.

BACA : Hadiri Harjad ke-62, Gubernur: Batola Bagian Penting dalam Pembangunan Kalsel

Pembangunan sektor pendidikan pun demikian, dua tahun berselang, Covid-19 menghantam, sekolah tutup dan siswa kehilangan waktunya untuk belajar secara normal. Para siswa terutama di desa-desa nyaris mendapatkan pembelajaran online seadanya, disebabkan faktor teknologi pembelajaran yang belum siap.

Usaha mikro dan kecil (UMK) di Batola berkembang lamban, sektor usaha non formal ini yang merupakan penggerak mesin ketahanan ekonomi keluarga, juga terkena imbasnya. Pupusnya modal usaha yang jadi penopang penting rumah tangga.

Akan tetapi, begitulah masyarakat Batola yang selalu siap menghadapi badai krisis pandemi, dengan memanfaatkan potensial sumber daya yang ada. Ketika sektor pemerintahan lumpuh, masyarakat yang dilalui Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito itu tetap tegar, memanfaatkan sumberdaya perikanan dan pertanian pasang surut dan perkebuan jeruknya.

BACA JUGA : Lestarikan Olahraga Tradisional, Belasan Warga Wakili Batola Bersaing di Ajang Balogo se-Kalsel

Rumah tangga masih bisa bertahan dengan kepala keluarga diberikan sumber daya alam (SDA) ikan sungai, petani masih bisa panen padi pasang surut serta kebun jeruk bertahan di tengah harga yang pluktuatif. Lain kata, petani Batola telah terbiasa dengan pertahanan hidup mereka yang mengandalkan Sungai Barito sebagai sumber kehidupan. Petani Batola masih bisa panen padi di masa pandemi.

Jadi, saya ingin mengatakan bahwa ketika krisis melanda negeri, maka masyarakat akan bertahan dengan ekonomi tradisionalnya. Sektor ekonomi modern tak banyak membantu sebab yang diperlukan masyarakat adalah keperluan sehari hari mereka. “Perahu bermesin mereka tambat untuk sementara waktu BBM melambung, dan perahu tradisional berdayung segera menggantikannya”.

BACA JUGA : Dianggarkan Secara Bertahap, Dana Pilkada Kalsel 2024 Disiapkan Rp 400 Miliar

Tahun 2022, pemerintahan di Batola yang dipilih secara langsung oleh rakyat segera berakhir, pemerintah provinsi atau pusat akan menurunkan pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan itu untuk dua tahun akan datang. Maka sangat penting adalah memulihkan kepercayaan rakyat dan pemulihan berbagai sektor pembangunan yang selama ini terguncang dimana pandemi.

BACA JUGA : Ada 6 Bupati-Wabup di Kalsel Berakhir 2023, Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024

Ada baiknya  juga dalam  masa pemulihan itu, menciptakan kolaborasi dengan para pihak, saling bersinergi  memikirkan dan mencari jalan terbaik dengan cara membaca  peluang potensi yang dimiliki Batola. Ini adalah era ketika manajemen pemerintahan tidak lagi dapat bekerja sendirian, mereka harus bersinergi, sebuah era ketika teknologi informasi banyak mendukung maju dan tidaknya suatu daerah.

Era transparansi. Bagaimana dunia akan tahu apa potensi pembangunan yang ada di suatu daerah jika daerah itu tertutup atau menutup diri. Batola harus mempunyai city branding, supaya dunia mengetahui potensinya.(jejakrekam)

Penulis adalah Staf Pengajar FISIP Universitas Lambung Mangkurat

Ketua Program Studi Sosiologi FISIP ULM

Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.