Gelar Pasar Murah di Kecamatan Banjarmasin Utara, Minyak Goreng dan Gula Pasir Diburu Warga

0

BAZAR Pasar Murah digelar di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, Jalan HKSN diserbu warga sekitar pada Rabu (2/2/2022).

ADA 55 pelaku usaha, 11 distributor, serta UP2K dari Kecamatan Banjarmasin Utara, tiga ritel modern, dan beberapa UKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, dilibatkan dalam pasar murah ini.

Pasar murah ini juga digerakkan Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin dipimpin Siti Wasilah, istri Walikota Ibnu Sina serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Kepala Disperdaging Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengatakan ada puluhan pelaku usaha termasuk 11 distributor dan tiga ritel modern dilibatkan dalam bazar pasar murah tersebut. Bahkan, pihak Kecamatan Banjarmasin Utara juga membuka stan pasar murah.

BACA : Terapkan Minyak Goreng Satu Harga, Disdag Kalsel Belum Kenakan Sanksi bagi Pelanggar

Beberapa komoditas yang diburu warga seperti minyak goreng dibanderol seharga Rp 14 ribu per liter dan gula pasir dijual Rp 13 ribu per kilogram. Termasuk, beberapa produk terutama sembako paling dicari para pembeli saat digelarnya pasar murah ini.

Sejak dibuka pagi hingga jelang pukul 13.00 Wita, produk-produk berupa sembako hingga pengananan dibeli warga, karena harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dibanding harga pasar.

“Seperti minyak goreng dan gula pasir memang paling banyak dibeli, karena harganya murah. Sebab, saat ini produk keperluan rumah tangga paling dicari di tengah harganya yang melambung naik di pasaran,” kata Tezar.

BACA JUGA : Dijual Rp 14 Ribu Per Liter, Indomaret dan Alfamart Terapkan Minyak Goreng Satu Harga

Senada itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah pun berharap agar bazar pasar murah ini bisa dibuka lagi di tempat lain. Menurut dia, belakangan ini beberapa produk khususnya minyak goreng dan gula pasir mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal itu cukup memberatkan masyarakat, khususnya para emak-emak.

“Dengan adanya pasar murah ini menjadi bagian dari ikhtiar atau kepedulian Pemkot Banjarmasin agar harga barang pokok untuk keperluan rumah tangga bisa stabil kembali,” ucap Wasilah.

Dia memastikan kegiatan pasar murah ini akan digelar Tim Penggerak PKK bersama Disperdagin Kota Banjarmasin dengan melibatkan distributor dan ritel besar sebanyak lima kali.

BACA JUGA : Curhat Emak-emak di Banjarmasin Minyak Goreng Mahal, Tembus Rp 23 Ribu

“Seperti gula pasir dan minyak goreng paling dicari warga.  Nah, berdasar informasi dari Disperdagin Banjarmasin, kegiatan pasar murah ini akan digelar lima kali di kota ini,” kata Wasilah.

Dia berharap pihak-pihak terkait yang ingin membantu warga bisa terlibat dalam kegiatan pasar murah karena terbukti sangat membantu warga.

“Silakan pihak distributor atau retail serta pelaku usaha perdagangan untuk ikut dalam kegiatan bazar pasar murah. Sebab, kami membuka diri karena manfaatnya terbukti sangat dirasakan masyarakat. Khususnya, di tengah melambungnya harga gula pasir dan minyak goreng,” pungkas Wasilah.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.