Peribadatan Imlek di Klenteng Karta Raharja Meningkat Setelah 2 Tahun Tak Dilaksanakan

0

SEMBAHYANG Imlek di Klenteng Karta Raharja atau Po An Kiong, di Jalan Niaga Timur, Nomor 45, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, tahun ini cukup meningkat. Umat Tridharma banyak datang untuk beribadah karena selama 2 tahun kemarin tak ada yang datang karena pandemi covid 19.

SETIAP umat yang datang diwajibkan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki klenteng.

Nampak pernak-pernik Imlek seperti lampion merah, hio atau dupa pengharum menghiasi disetiap sudut ruangan, terlihat juga sesembahan buah-buhan ditaruh di depan altar para Dewa.

BACA : Sambut Imlek, Klenteng Suci Nurani Menghiasi Diri, Harapan Segera Pandemi Berakhir

Pengurus Klenteng Karta Raharja Leo Sugianto saat ditemui jejakrekam.com Selasa (1/2/2022) mengatakan, sembahyang Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili kali ini banyak dilakukan di patung Dewi Kwan Im yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang yang menjadi panutan mereka.

“Kami berharap pada sio Macan Air ini pandemi covid 19 cepat selasai, agar semua bisa bekerja kembali seperti biasa,” ucapnya.

Sio Macan Air melambangkan penyelesaian atau pemenuhan yang berhasil, lanjutnya. Heksagram ini terdiri dari air diatas api, dua unsur yang saling melengkapi dan tidak terpisahkan, semua garis Yin dan Yang berada dalam posisi yang tepat, yang menyarankan keberhasilan dan kebenaran.

“Hidup telah tercapai dimasa ideal tapi I Cing memperingatkan kita terhadap kepuasan diri, penting untuk berhati-hati karena bila keberuntungan berada di puncak, karena tanda-tanda penurunan akan muncul,” jelas tokoh Tionghoa Banjarmasin ini.

Sementara itu Chandra, salah satu umat yang datang untuk melakukan sembahyang mengatakan, tahun ini sengaja datang ke Klenteng Karta Raharja untuk sembahyang karena tahun yang lalu dilakukan dirumah.

“Semoga situasi kedepan aman dan damai, kasus covid 19 menurun dan perekonomian kita terus membaik,” harapnya.

Klenteng Suci Nurani di Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin juga ramai didatangi umat untuk melaksanakan sembahyang Imlek, mereka datang sejak kemarin malam hingga siang hari ini.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.