Lahan Pertanian Di Kelurahan Tumpung Laung Dibuka

0

LAHAN pertanian Di Kelurahan Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, telah ditinjau Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, untuk dibuka.

PEMBUKAAN lahan pertanian tersebut, dikerjakan secara swadaya oleh kelompok tani dan dibantu alat oleh dinas terkait.

Kepala Dinas Pertanian Barut Syahmiludin Surapati mengatakan, peninjauan langsung dilakukan bersama Dinas Sosial PMD, Disnakertrans Koperasi dan UKM serta camat setempat.

BACA: Optimalisasi Lahan Pertanian Terus Digenjot Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Padi

“Saat ini lahan sudah siap untuk ditanami,” kata Syahmiludin, Senin (31/1/2022).

Menurutnya, potensi Lahan pertanian tersedia cukup luas di sepanjang kanan kiri rencana jalan poros utama Tumpung Laung – Batapah arah ke Palangka Raya.

Dikatakannya, tahap awal di lahan pertanian yang telah dibuka tersebut akan mereka tanami dengan komoditi jagung hybrida, hortikultura dan padi.

“Semangat dan keinginan berusaha tani yang mereka tunjukkan begitu besar dan sangat antusias sekali. Semoga ini menjadi pertanda yang baik dalam memajukan pembangunan sektor pertanian di daerah,” ujarnya.

“Menekuni usaha tani dengan sungguh sungguh, maka dapat menjadi pilihan mata pencaharian yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluarga,” katanya.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Optimalisasi Saluran Irigasi Untuk Peningkatan Hasil Petani

“Saat ini kebutuhan masyarakat untuk berbagai komoditi pertanian dari waktu ke-waktu terus mengalami peningkatan. Hal ini, juga hendaknya dapat dilihat sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan bahkan lebih menguntungkan,” bebernya.

Banyak contoh yang disebutkan sebagai bukti nyata keberhasilan dari petani. Terlebih dengan petani yang menggantungkan hidup dan harapan masa depan dari kegiatan usaha bertani.

“Memang untuk masa awal semuanya butuh perjuangan, ketekunan dan kerja keras. Selanjutnya, bila lahan dan usaha tani telah jadi, kita tinggal memetik dan menikmati hasilnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.