Gelar Kerjasama Pemkab Tanah Bumbu – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

0

KERJASAMA Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dengan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia digelar pada Selasa (25/1/2022) di Jakarta.

MEMORANDUM of Understanding (MoU) berlangsung di Gedung BRSDMKP, dan bertujuan untuk sinergitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan di Kabupaten Tanbu.

Kesepakatan ditandatangani Plt Kepala BRSDMKP KKP RI Kusdiantoro bersama Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar.

Bupati HM Zairullah Azhar bersama BRSDMKP.

BACA: “Jemput Bola” Dukcapil Tanbu Layani Perekaman E-KTP di SMAS Kodeco

Bupati Zairullah Azhar mengucapkan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada BRSDMKP atas kerjasamanya dalam rangka mendukung kelancaran program pembangunan di Bumi Bersujud. “Kami juga sangat berharap ke depannya, BRSDMKP bisa langsung turun kelapangan dalam hal ini ke Kabupaten Tanah Bumbu untuk melihat langsung kondisi wilayah terkait pengembangan perikanan seperti apa yang harus ditingkatkan di Tanbu,” ujar Zairullah

Kemudian Plt Kepala BRSDMKP Kusdiantoro menyampaikan 3 program prioritas utama KKP, yaitu pertama peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi kegiatan Kelautan dan Perikanan, kedua peningkatan produk-produk unggulan perikanan khususnya tambak undang diseluruh kawasan Indonesia dan yang ketiga adalah pembangunan kampung kelautan dan perikanan di seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Tanbu Yulian Herawati menyampaikan, kesepakatan dan kerjasama itu sangat penting bagi Kabupaten Tanbu dalam membangun SDM dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku perikanan.

“Sebuah kebanggaan karena Kabupaten Tanah Bumbu dapat menjadi salah satu lokasi riset dan pengembangan teknologi atau inovasi para ahli kelautan dan perikanan baik melalui pembiayaan BRSDMKP maupun dari pembiayaan Kabupaten Tanah Bumbu sendiri,”  ucapnya. 

Melaksanakan Penandatangan MOU, Dinas Perikanan Tanbu juga melakukan Penandatangan Kerjasama (PKS) bersama Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. PKS tersebut tentang Kerjasama Pembuatan Masterplan Kampung Gabus Haruan sebagai tindak lanjut Program Prioritas KKP yaitu Pembentukan Kampung-kampung Budidaya Perikanan.

Dalam kegiatan itu hadir Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Hedi Indra Januari, Anggota DPRD Tanbu H Hasanuddin, Kepala BPKAD H Syamsuddin serta beberapa pejabat lainnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.