Diterjang Banjir Awal 2021, Jembatan Gantung Desa Baruh Penyambaran Rusak

0

WARGA Desa Baruh Penyambaran kini tak bisa lagi beraktivitas menuju kebun-kebun mereka. Akses yang selama ini terhubung lewat jembatan sudah tak bisa lagi dilewati.

JEMBATAN gantung Desa Baruh Penyambaran, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, mengalami rusak parah. Bahkan, jika warga nekat melintas bisa membahayakan nyawa mereka.

Jembatan yang membentang di atas sungai itu selama ini merupakan jalur satu-satunya warga Desa Baruh Penyambaran menuju kebun-kebun mereka.

“Kondisi tiang jembatan sudah rusak, sehingga permukaan jembatan pun miring. Jelas tidak layak lagi untuk dilalui warga bahkan membahayakan bagi para pengguna,” kata Kepala Desa Baruh Penyambaran, Handi kepada awak media, Rabu (26/1/2022).

Karena jembatan gantung itu telah rusak, mau tak mau akses warga pun terpaksa dialihkan menuju kebun-kebun mereka. “Ya, terpaksa warga menumpang jembatan desa sebelah. Karena jika berani melintas, warga takut kenapa-napa,” katanya.

BACA : Proyek Jembatan Paringin Molor Picu Kerusakaan Jalan di Balangan Makin Parah

Handi berharap agar Pemkab Balangan bisa segera merespon keluhan warga terkait kebutuhan infrastruktur berupa jembatan penghubung desa dengan area perkebunan mereka.

“Kami sudah mengajukan proposal perbaikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan. Sebab, petugas BPBD Balangan sudah meninjau kondisi kerusakan yang terjadi di jembatan gantung Desa Baruh Penyamburan,” kata Handi.

Menurut dia, kerusakan jembatan penghubung des aini akibat beberapa waktu lalu diterjang banjir pada awal Januari 2021 lalu. Sebelumnya, warga sempat bergotong royong memperbaiki, namun karena tingkat kerusakan tinggi, akhirnya jembatan itu kembali mengalami kemiringan.

BACA JUGA : Wakil Ketua DPRD Balangan Tinjau Penanganan Jalan Alternatif Antisipasi Penutupan Jembatan Paringin

Handi memastikan usai melaporkan kondisi itu, selanjutnya akan diajukan usulan perbaikan jembatan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan.

“Kami berharap pemerintah daerah bisa segera mengeksekusi perbaikan jembatan gantung itu. Sebab, selama ini fungsi jembatan itu sangat vital bagi warga desa,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.