PKK Kalsel Dorong Penguatan Kolaborasi Cegah Stunting

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kalsel, terus memperkuat kolaborasi dalam upaya mempercepat pencegahan stunting dan obesitas.

BERBAGAI program dan kegiatan, dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan stakeholder terkait. Salah satu bentuk kolaborasi dalam pencegahan dan penanganan stunting dan obesitas tergambar saat Peringatan Hari Gizi Nasional ke 62 tahun 2022.

Dengan tema ‘Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas’ peringatan Hari Gizi Nasional berlangsung di SMPN 1 Mandastana, Marabahan, dihadiri langsung Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, Senin (24/1/2022).

Hj Raudatul Jannah mengatakan, momentum peringatan Hari Gizi Nasional, Pemprov Kalsel bersama PKK terus menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama berbagai pihak dalam membangun gizi menuju bangsa sehat dan bergizi.

BACA: Ketua TP PKK Kalsel Siap Lanjutkan Program Prioritas Sebagai Mitra Pemerintah

“Saat ini kita menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan ketersediaan gizi, khususnya di kalangan anak dan remaja seperti; mengalami kekurangan gizi yang disebut stunting dan kelebihan gizi atau obesitas,” ujarnya.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2018, presentasi stunting di Kalsel masih berada pada kisaran 33,08 persen sedangkan angka obesitas tahun 2021 sebesar 2,95 persen.

“Itu menunjukkan bahwa Kalsel menghadapi masalah gizi ganda, yaitu gizi kurang dan obesitas,” ungkapnya.

Permasalahan tersebut memiliki dampak buruk bagi generasi, karena sangat memengaruhi pertumbuhan dan kecerdasan mereka sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia pada masa akan datang.

“Semoga dengan kegiatan ini akan terus berlanjut kekompakan, komitmen, dan konsisten kita dalam upaya untuk menuju banua sehat, terkhusus untuk menurunkan angka stunting dan obesitas di Kalsel,” tuturnya.

BACA LAGI: Pemkab Tanah Bumbu Ikuti Arahan Forum Nasional Stunting Se Indonesia Secara Virtual

Oleh sebab itu, Pemprov Kalsel telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan stunting dan obesitas, diawali dengan komitmen bersama Deklarasi Loksado, upaya peningkatan revitalisasi posyandu, peningkatan kapasitas kader-kader posyandu dan PKK serta meningkatkan upaya partisipasi masyarakat dengan berbagai sosialisasi, kampanye dan edukasi.

“Selain itu, terkait pola asuh keluarga untuk anak dan balitanya di 1.000 hari pertama kehidupan, harus dilakukan upaya. Karena di sana awal anak sehat atau kurang sehat yang berakibat pada stunting seperti; pola makan, dan kebersihan lingkungan,” lanjutnya.

“Banyak lagi kegiatan yang telah dilakukan PKK bersama SKPD terkait sampai ke tingkat RT dan Dasa Wisma,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Muhammad Muslim mengatakan, Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 ini menjadi momentum dalam upaya menurunkan stunting dan obesitas.

“Ini persoalan gizi menjadi ganda dan Ini harus betul-betul ditangani secara kolaboratif. Jadi semua sektor terkait, bersama-sama berkomitmen dalam rangkaian hari gizi nasional,” tutur Muslim.

BACA JUGA: Cegah Stunting, Kader Pangan Posyandu di Banjarmasin Dibekali B2SA

Muslim mengatakan untuk kasus secara nasional Kalsel masih tinggi, namun secara progres setiap tahunnya, angka kasus stunting dan obesitas terjadi penurunan yang cukup signifikan, tetapi belum mencapai harapan nasional.

“Progres yang dilakukan itu sudah on the track, dan saat ini sasaran kita menurunkan stunting itu pada usia remaja, pra nikah, ibu hamil hingga usia 0 sampai 59 bulan. Itu jadi fokus kita saat ini,” ungkapnya

Kegiatan dirangkai dengan pemberian bantuan 400 bibit ikan papuyu, penyerahan makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita, penyerahan masker dan suplemen, penyerahan bibit tanaman serta meninjau vaksinasi anak oleh Ketua Tim Penggerak PKK didampingi beberapa kepala SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas PMD, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.