Stabilkan Harga Minyak Goreng dan Gula Pasir, Disdag HSS Gelar Operasi Pasar

0

HARGA dua bahan pokok; minyak goreng dan gula pasir yang terus merangkak naik disikapi Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) dengan menggelar operasi pasar.

OPERASI pasar ini dihelat di kantor Desa Teluk Labak, Kecamatan Daha Utara, Senin (24/1/2022). Harga minyak goreng dalam kemasan dijual Rp 14.000 per liter dan gula pasir Rp 12.500 per kilogram, lebih terjangkau bagi masyarakat.

Dinas Perdagangan Kabupaten HSS menggandeng Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel dan PT Sime Darby Oils (SDO), distrubor bahan pokok yang mendatangkan 2.400 liter minyak goreng. Rencananya, stok minyak goreng ini akan dibagi ke beberapa kecamatan di Kabupaten HSS.

BACA : Curhat Emak-emak di Banjarmasin Minyak Goreng Mahal, Tembus Rp 23 Ribu

Warga Desa Teluk Labak pun menyambut antusias operasi pasar yang dijalankan Dinas Perdagangan HSS. Mereka pun antre untuk membeli minyak goreng dan gula pasir yang murah dibanding harga pasar. Agar semua orang kebagian, panitia membatasi tiap warga hanya boleh maksimal 2 liter untuk minyak goreng dan 2 kilogram jadi jatah pembelian gula pasir.

“Kami terbantu dengan adanya operasi pasar ini. Sebab, harga minyak goreng dan gula pasir di pasar tradisional masih tinggi. Semoga saja, harga kedua komoditas ini kembali normal,” kata Norliana, warga Desa Teluk Labak.

BACA JUGA : Dinas Perdagangan Kalsel Lakukan Monitoring Dan Operasi Pasar Untuk Stabilkan Harga Minyak Goreng

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten HSS, Amelia Budiarti mengatakan operasi pasar ini dilakukan agar bisa menstabilkan harga kedua komoditas yang kini terus merangkak naik di pasaran.

“Dengan operasi pasar ini, tentu kita berharap harga minyak goreng dan gula pasir bisa stabil. Sampai menunggu harga yang sama di pasar tradisional,” kata Amelia.

BACA JUGA : Dijual Rp 14 Ribu Per Liter, Indomaret dan Alfamart Terapkan Minyak Goreng Satu Harga

Ia memastikan operasi pasar untuk minyak goreng dan gula pasir ini akan disebar di Kabupaten HSS meliputi daerah rawa, pegunungan dan perkotaan.

“Rencananya operasi pasar minyak goreng dan gula pasir juga dilaksanakan di Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado pada Selasa (25/1/2022). Kemudian, besoknya pada Rabu (26/1/2022) di Desa Kayu Abang, Kecamatn Angkinang,” tutur Amelia.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.