Rencana Penanganan Banjir Difokuskan di Sungai Veteran

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin meggelar rapat koordinasi serta ekspose kolaborasi Rencana Penanganan Banjir Sungai Martapura, yang berlangsung di Ruang Rapat Baiman, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (19/01/2022).

DIPIMPIN Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman. Rapat digelar bersama Asisten ll Perekonomian dan Pembangunan Doyo Pudjadi, dan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Fikri Abdurrachman ST MSc serta SKPD dan jajaran terkait.

Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Fikri Abdurrachman mengatakan, pihaknya menyampaikan kepada Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, bahwa penanganan banjir terlebih dahulu difokuskan di Sungai Veteran.

“Rencananya nanti akan dimulai tahun 2023, saat ini masih dalam proses desain, mungkin nanti juga karena dananya sekarang masih dalam proses pencairan,” jelasnya.

BACA: Usung Balingai, Walikota Ibnu Sina Sebut Normalisasi Sungai Veteran dan A Yani Dilanjutkan

Ia mengungkapkan rencana besar desain penanganan banjir di Sungai Martapura melibatkan 10 konsep. Yaitu Bendungan Riam Kiwa yang ada di Kabupaten Banjar, Sungai Veteran, WPG Pekapuran, Siring Sungai Martapura, Sungai di Jalan Sutoyo S, Sungai di Jalan Jafri Zam-Zam, Sungai Tatah Bangkal, Sudetan Martapura, Floodway serta 7 WPG.

Dari 10 konsep tersebut ada tingkatan urgensinya, yaitu ada jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jangka yang pendek paling dekat adalah Sungai Veteran.

“Mudah-mudahan Sungai Veteran bisa kita kerjakan dan selesai. Mudah-mudahan bisa mengurangi banjir atau mengurangi lama genangan kalau terjadi banjir seperti tahun 2021 kemarin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis dokpim-bjm
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.