Pasang Baliho APBD 2022 di Tepi Jalan, Bakueda Berubah Jadi BPKAD Banjarmasin

0

TRANSPARANSI Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 diterapkan Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin.

RINGKASAN anggaran pendapatan dan belanja daerah diumumkan ke publik melalui media baliho di Jalan Achmad Yani Km 4,5 persisnya depan Hotel Banjarmasin Internasional (HBI).

Baliho mencantumkan gambaran umum APBD Banjarmasin tahun 2022 dipublikasikan lewat baliho agar diketahui publik. Porsi pendapatan Rp 1,77 triliun yang dipatok di APBD Banjarmasin harus dibelanjakan untuk beban daerah mencapai Rp 2 triilun lebih. Hingga APBD Banjarmasin mengalami defisit sebesar Rp 237.064.563.000 atau Rp 237 miliar lebih.

Namun defisit itu ditutupi sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) tahun sebelumnya (2021) sebesar Rp 237 miliar lebih. Sedangkan, pendapatan asli daerah (PAD) Banjarmasin hanya berkisar Rp 405.899.546.282. Menggambarkan sumber pendapatan Banjarmasin masih bergantung pada pendapatan transfer dari pemerintah pusat sebesar 77 persen atau disuplai Rp 1 triliun lebih.

BACA : Defisit Rp 80,6 Miliar, Porsi APBD Banjarmasin 2021 Menurun Hanya Rp 1,5 Triliun Lebih

Kepala BPKPAD Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil mengakui baliho itu dipasang agar terwujudnya transparansi anggaran menyangkut pendapatan dan belanja yang dikelola pemerintah kota.

“Apalagi, Perda APBD Banjarmasin tahun 2022 telah disetujui DPRD dan direkomendasi oleh Gubernur Kalsel. Jadi, besaran belanja memang besar mencapai Rp 2 triliun lebih, walau defisit dari sisi pendapatan bisa ditutupi dengan silpa tahun lalu,” ucap Subhan Noor Yaumil kepada jejakrekam.com, Rabu (19/1/2022).

BACA JUGA : Tunggu Rotasi JPT di Pemkot Banjarmasin, Sekda : 12 Posisi Lowong Dilelang Terbuka

Menurut Subhan, saat ini untuk mengejar PAD telah disusun berbasis data, sehingga segala potensi bisa terukur untuk pencapaiannya. “Secara bertahap pendataan potensi PAD telah dimutakhirkan. Jadi, segala kebocoran bisa ditekan seminimal mungkin,” kata pejabat senior ini.

BACA JUGA : Dipegang Plt, Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin Nilai Kinerja Pemkot Terkesan Amburadul

Bertransformasinya Bakueda menjadi BPKPAD Banjarmasin dikatakan Subhan juga menyangkut pengelolaan aset-aset daerah terutama yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Seperti Pasar Sentra Antasari, Mitra Plaza dan lainnya.

“Namun, secara teknis itu ditangani Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakot Banjarmasin. Termasuk, apakah nanti pengelolaan Sentra Antasari yang masih di tangan PT Giri Jaladhi Wana (GJW) bisa diambilalih pemerintah kota, dikaji dulu,” ucap Subhan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/01/19/pasang-baliho-apbd-2022-di-tepi-jalan-bakueda-berubah-jadi-bpkad-banjarmasin/,https://jejakrekam com/tag/bakeuda-banjarmasin/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.