Husairi Abdi

Vonis Pidana Ansharuddin, Pengadilan Tinggi Batalkan Putusan PN Banjarmasin

0

PENGADILAN Tinggi (PT) Banjarmasin, mengabulkan permohonan banding, dan membatalkan putusan pidana Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin,  yang mengadili terdakwa kasus cek kosong, H Ansharuddin.

“BERDASARKAN pengajuan Banding oleh terdakwa H Ansharuddin, melalui tim kuasa hukumnya, kantor hukum dan pengacara, Borneo Law Firm ( BLF) Banjarmasin, putusan sudah turun dari pengadilan tinggi,” ujar Ketua Majelis Hakim PN Banjarmasin, Aris Bawono Langgeng, SH MH, kepada jejakrekam.com, Senin (17/1/2022).

Menurut dia, pihaknya sudah menerima salinan putusan dengan amar putusan membatalkan putusan PN Banjarmasin dan mengadili sendiri menyatakan tidak dapat diterima.

BACA : H Ansharuddin Divonis Satu Tahun Penjara

Dengan pertimbangan menurut hakim tingkat banding bahwa terdapat kategori prejudicial geschil dimana ditangguhkan perkara, karena adanya putusan perdata yang berkekuatan hukum tetap, sekalipun hakim pidana tidak terikat dengan putusan perdata itu diantara lain pertimbangan, pengadilan tinggi ( PT).

Adapun perkara perdata yang dimaksud, adalah perkara nomor. 7/ Pdt /2019/PN PM Jo Perkara No. 4/Pdt/2020/PT bjm, sekarang taraf kasasi, dan atas putusan tersebut JPU sudah mengajukan kasasi.

Ditanya jika nantinya perkara Perdata ditolak? ” kita tunggu saja hasil putusan kasasinya, karena baik perdata maupun pidana sudah mengajukan kasasi”, pungkas Aris Bawono Langeng.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.