Kenang Pertempuran Laut Arafuru, Lanal Banjarmasin Tabur Bunga di Perairan Sungai Barito

0

MENGUSUNG tema “Mengenang Pertempuran Laut” pada peringatan Hari Dharma Samudera yang Ke-60, Lanal Banjarmasin menggelar upacara dan tabur bunga di muara Sungai Barito, Sabtu (15/1/2022).

MENGGUNAKAN KAL Kumai II-13-51 bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko.

Herbiyantoko mengungkapkan, Hari Dharma Samudera merupakan hari bersejarah yang mengandung unsur patriotisme dalam pertempuran laut yang dilakukan oleh prajurit-prajurit pilihan TNI AL di perairan Laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962.

Maka untuk memperingati serta mengenang peristiwa tersebut, setiap tanggal 15 Januari diselenggarakan upacara tabur bunga di laut. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, mereka juga menggelar rangkaian acara, seperti ziarah dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Bumi Kencana dan Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H Hassan Basry.

BACA JUGA: Cegah Wabah Covid-19, Tim Nakes Lanal Banjarmasin Kembali Gelar Vaksinasi Maritim Di Desa Tabanio

“Upacara tabur bunga di laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan, atas jasa serta pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut, dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Herbiyantoko.

Sementara itu, Komandan KAL Kumai II-13-51 Kapten Laut (P) Hendi mengatakan, selain mengerahkan kapal, pihaknya juga melibatkan satu unit Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) “Semua dilakukan untuk pengamanan, agar acara bisa terlaksana tanpa ada hambatan,” tegasnya.

Turut hadir Perwira staf dan Prajurit, ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, selama kegiatan penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.