Rela Turun Gunung, LKP MediaPro Bikin Kursus Komputer untuk Warga Dayak Pitap

0

LEMBAGA Kursus dan Pelatihan (LKP) MediaPro berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Kambiyain. Tujuannya untuk meningkatkan taraf pendidikan dini dalam mengenal teknologi komputer.

BERLOKASI di Desa Awayan Hilir, Kabupaten Balangan, ada 25 peserta yang merupakan warga Dayak Pitab di Pegunungan Meratus, turun gunung untuk bisa mengecap pendidikan kursus piranti canggih itu.

Ketua LKP MediaPro, Ayu Hanni mengungkapkan kerja sama dengan Pemdes Kambiyain sudah berjalan hampir sebulan, dimulai pada Desember 2021 lalu. Kata dia, dalam seminggu ada empat kali pertemuan dengan peserta kursus dari anak-anak pedalaman tersebut.

“Mereka mesti melewati tanah longsor, dan anak-anaknya tetap bersemangat turun ke Desa Awayan, demi mempelajari kursus komputer,” ucap Ayu Hani kepada jejakrekam.com, Rabu (12/1/2022) sore.

BACA : Jabat Ketua Adat Dayak Pitap, Aliyudar Desak Perda Kelembagaan Adat Segera Disahkan

Ayu sudah melihat langsung bagaimana kondisi jalan longsor menuju Desa Kambiyain. Sebelumnya mereka harus jalan kaki untuk tetap mengikuti kursus tersebut. Ayu menyebut kondisi jalan kini memang sudah membaik, sehingga peserta kursus bisa mengendarai motor menuju ke tempat kursus.

“Pesertanya berjumlah 25 orang. Semua perempuan yang ikut. Rata-rata anak sekolah menengah pertama (SMP),” beber Ayu.

Masih menurut Ayu, program yang dijalankan lembaganya demi mencerdaskan anak-anak pedalaman di Pegunungan Meratus yang ada di Balangan. “Tujuannya, memang untuk memahamkan mereka agar bisa berkembang dengan teknologi yang ada. Bersama Pemdes Kambiyain, kami mewujudkan pembelajaran itu,” ujarnya.

BACA JUGA : 7 Tahun Menunggu, Jaringan Listrik Senilai Rp 4 Miliar Dinikmati Warga Dayak Pitap

Memang, kata Ayu, ada anggaran desa untuk memprogramkan kursus komputer tersebut. Demikian, menurut dia, untuk mengejar ketertinggalan yang ada di pelosok.

“Mereka yang diajarkan bakal menjadi generasi selanjutnya untuk membangun desanya, karena semua itu sangat diperlukan nantinya saat di masyarakat, entah melamar bekerja maupun lainnya,” kata perempuan kelahiran 1990 itu.

Warga Dayak Pitap yang bermukim di Pegunungan Meratus Kabupaten Balangan saat mengikuti kursus komputer di LKP MediaPro.(Foto Rahim Arza)

Setidaknya, beber Ayu, peserta kursus harus pandai melakukan aplikasi word, selain axcel dan power point yang dipelajarinya. Karena, dalam pandangan Ayu, saat ini penting bagi generasi muda untuk mengaplikasikan itu pada pekerjaan-pekerjaan di instansi pemerintah maupun swasta.

BACA JUGA : Sepenggal Kisah Hidup Dayak Pitap Balangan

“Di Kambiyain, masih banyak yang gaptek atau gagap teknologi dalam proses pengerjaan komputer. Sebelumnya program desa ini, ada juga yang daftar reguler untuk mengikuti pelatihan kursus. Tidak hanya yang muda, kaum tua yang belajar juga ada,” cerita Ayu.

Ayu berharap, masyarakat yang ada di bumi sanggam ini dapat meningkatkan kualitas SDMnya lebih baik lagi dari sebelumnya. Lewat komputer, Ayu berharap masa depan anak desa di pedalaman juga dapat berkembang dalam mengenyam pendidikan di era digital saat ini. “Sehingga, tidak ada lagi kata-kata bahwa anak muda tidak bisa komputer,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.