Susun Raperda RPJMD, Pansus I DPRD Kalsel Gali Informasi ke Bappeda Yogyakarta

0

PANITIA Khusus DPRD Kalsel melaksanakan kunjungan kerja ke Bappeda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (4/1/2022).

KUNJUNGAN ini sendiri dilaksanakan guna menggali informasi sebagai bahan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah terkait dengan penyusunan tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Klasel Tahun 2021 – 2026.

Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin menjelaskan proses penyusunan RPJMD di Yogyakarta merupakan salah satu bahan informasi yang dapat diambil dan dicontoh untuk diterapkan di Kalimantan Selatan agar pemerintahan berjalan baik.

“Seperti diketahui RPJMD merupakan salah satu dokumen yang mengakomodir aspirasi masyarakat, untuk bselanjutnya diterjemahkan dan diimplementasikan pada RKPD dan Renja SKPD, serta sebagai fungsi pemerintah provinsi dalam mengkolaborasi pembangunan antar Kabupaten/Kota dan Pemprov sebagai jembatan dengan pemerintah pusat,” tutur pria yang akrab disapa Bang Dhin ini.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Pansus I Rachmah Norlias mengapresiasi atas inovasi-inovasi pembangunan yang dilakukan DIY Yogyakarta, “Di provinsi ini, kordinasi pemerintahan berjalan baik dari tingkat kabupaten/kota,” katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda DI Yogyakarta, Beny Suharsono yang menerima langsung kunjungan ini menjelaskan bahwa dalam penyusunan RPJMD pihaknya mengacu pada Permendagri 86 Tahun 2017 sebagai dasar peraturan.

Kemudian membuat cascale perencanaan dengan acuan visi, misi, tujuan, sasaran, program pembangunan daerah (bisa lintas SKPD), sasaran strateg SKPD, program SKPD, sub kegiatan, dan sasaran strategi SKPD dengan indikator kinerja utama.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.