Husairi Abdi

Gambut-Kertak Hanyar Sempat Dibidik Banjarmasin Lewat Program Baksa Kembang

2

SEJAK 1998, penuntutan pembentukan Gambut Raya sebagai kabupaten baru terpisah dari induknya, Kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan digaungkan. Sebelumnya, kawasan Gambut dan Kertak Hanyar sempat dibidik masuk wilayah Kota Banjarmasin.

ENAM kecamatan termasuk kecamatan yang baru dimekarkan seperti Beruntung Baru dan Tatah Makmur bergabung dengan empat kecamatan induk; Sungai Tabuk, Aluh-Aluh, Kertak Hanyar dan Gambut membikin daerah otonom baru.

Berdasar data, saat ini ada 13 kecamatan di Kabupaten Banjar yang merupakan kabupaten terluas di Kalimantan Selatan. Luas wilayah mencapai 4.688 kilometer per segi (km2) dengan total penduduk mencapai 555.611 jiwa (berdasar hasil Sensus Penduduk Indonesia 2020 dan Data Kependudukan Kemendagri 2020).

Jika Gambut Raya gol menjadi daerah otonom baru, berarti wilayah Kabupaten Banjar akan makin menyusut. Sebab, sebelumnya pada 20 April 1999, Kotamadya Administratif Banjarbaru juga memisahkan diri dari Kabupaten Banjar dengan luas wilayah 371,38 km².

BACA : Ada Konsep Baksa Kembang, Pengembangan Wilayah Banjarmasin Dihidupkan Lagi?

Di masa Walikotamadya Banjarmasin Effendi Ritonga periode 1984-1989, pernah mencetuskan pengembangan wilayah kota untuk merangkul daerah penyangga masuk metropolitan Banjarmasin.

Konsep pengembangan atau perluasan kota ala Effendi Ritonga itu diberi nama Baksa Kembang. Perluasan wilayah Kota Banjarmasin ini menyasar Alalak Berangas (Kecamatan Alalak) dan Mandastana (Kabupaten Batola) serta wilayah Kertak Hanyar dan Gambut (Kabupaten Banjar), termasuk Pulau Kembang.

Di masa Effendi Ritonga memimpin Banjarmasin justru masih diterapkan pola sentralistik di era Orde Baru, berbeda dengan kondisi sekarang menerapkan sistem otonomi daerah (desentralisasi). Sayangnya, konsep Ritonga justru tak dilanjutnya penerusnya, Walikota Sadjoko periode 1989-1999. Hingga di masa Walikota Sofyan Arpan ketika diberlakukan otonomi daerah, konsep ekspansi kota ala Ritonga itu seakan menguap.

BACA JUGA : Hasil Riset dan Persepsi Publik, Gambut Raya Layak Dibentuk Terpisah dari Kabupaten Banjar

Saat ini, Kabupaten Banjar pun masuk dalam konsep kota metropolitan Banjarbakula mencakup Banjarmasin, Banjarbaru, Handil Bakti (Batola), Pelaihari (Tanah Laut) dan Martapura (Kabupaten Banjar).

Pakar kota Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Akbar Rahman mengingatkan usulan pemekaran Gambut Raya jangan sampai terjebak pada isu politik.

“Sepatutnya juga dilihat dari kacamata perencanaan kawasan kota dan wilayah. Bisa memunculkan potensi negatif jika tidak melihat aspek secara makro kawasan,” kata Akbar Rahman kepada jejakrekam.com, Minggu (2/1/2022).

BACA JUGA : Penguatan Infrastruktur Kawasan Metropolitan Banjarbakula Menjadi Salah Satu Arah RPJMD Kalsel

Menurut dia, ada dua kota yang bisa terdampak dan memberi dampak yakni Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Bagi doktor urban design lulusan Saga University Jepang ini, sebenarnya pembentukan daerah otonom baru; Gambut Raya terpisah dari Kabupaten Banjar juga dikaji dari berbagai orientasi.

“Jadi orientasinya bukan hanya soal kebutuhan rakyat (non fisik) tapi juga dilihat dari aspek fisik terhadap daya dukung kawasan,” pungkas Akbar.(jejakrekam)

Pencarian populer:Luas banjarmasin sampai gambut,pemekaran kabupaten banjar menurut akbar rahman
Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi
2 Komentar
  1. M. Noor berkata

    Jalan Manarap wahini jadi kartak buruk, lain kartak hanyar, coba pang Bupati menjinguk ke sana.
    Idealnya Pemkab Banjar membuat kantor perwakilan bupati di wilayah sekitar Gambut-Kertak Hanyar, secara rutin bergilir Bupati/Wabup dan Kadis berkantor di sana. Agar optimal pengembangan insfrastuktur dan SDM nya selain menyerap aspirasi masyarakat setempat.

  2. tharzi berkata

    Penyatuan ataupun pemekaran wilayah bisa dinyatakan definitif tidak bisa lepas dari kebijakan (politik). Namun ekspansi penduduk (sosial) berkontribusi besar pada aglomerasi wilayah yg akhirnya tidak bisa terbedakan mana batas administratif

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.