Salurkan Hasil Zakat, Baznas HSS-Kalsel Kolaborasi Bantu Modal Usaha bagi Penerima Manfaat

0

BERBAGAI model bantuan berasal dari zakat, infaq dan sedekah disalurakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kepada para penerima.

BANTUAN ini diformulasikan dalam bentuk modal bernama Berkah Zakat dengan menyalurkan gerobak, sepeda dan warung kepada 11 mustahik atau penerima manfaat di wilayah Kabupaten HSS.

Penyerahan bantuan modal ini dikoordinir Ketua Baznas HSS H Suriani didampingi Ketua Baznas Provinsi Kalsel Irhamsyah Safari serta dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry di Sanggar Pramuka, Kandangan, Kamis (30/12/2021).

“Bantuan modal usaha ekonomi produktif (UEP) tahun 2021 ini merupakan program tahunan Baznas HSS. Dengan bentuk bantuan gerobak, sepeda dan warung diharapkan para penerima manfaat bisa meningkat perekonomiannya,” ucap Ketua Baznas HSS, H Suriani.

BACA : Program Z-Mart dan Gerobak Berkah Baznas Kalsel Diapresiasi Pemkab Tabalong

Selain dari Baznas HSS, bantuan melalui program Z-Mart dari Baznas Provinsi Kalsel juga diserahkan kepada 10 mustahik. Termasuk,  penerima gerobak berkah sebanyak 10 mustahik dan bantuan rumah layak huni untuk dua mustahik.

“Bantuan yang disalurkan Baznas Kalsel ini merupakan hasil donasi yang dihimpun dari para donator atau muzzaki,” kata Ketua Baznas Kalsel, Irhamsyah Safari.

Menurut dia, sebagai penyalur Baznas Kalsel terus memprogramkan bantuan yang tepat sasaran seperti model bantuan modal UEP.

“Jadi, donasi dari para donator yang disalurkan kepada yang berhak telah kami sampaikan. Ini bagian dari komitmen Baznas untuk amanah dalam menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan para penerima,” tutur Irhamsyah.

BACA JUGA : Luncurkan Program Bakti Banua, Baznas Kalsel : Demi Jaga Alim Ulama dan Anak Yatim

Sebelum menerima bantuan modal, Irhamsyah mengatakan para penerima telah dibekali pelatihan kewirausahaan, sehingga saat memanfaatkan atau mengelolanya bisa lebih efisiensi dan efektif.

Rasa syukur diucapkan Bupati Achmad Fikry. Apalagi, banyak warga di HSS telah mendapat bantuan dari lembaga kredibel semacam Baznas.

“Bantuan dari Baznas HSS maupun Provinsi Kalsel ini sejalan dengan program pemerintah daerah. Apalagi, bantuan modal ini bisa jadi pelengkap berbagai bantuan yang telah diberikan pemerintah daerah selama ini,” papar Fikry.

BACA JUGA : Ditarget Rp 13 Miliar, Zakat Diyakini Solusi Mengentaskan Kemiskinan

Menurut dia, saat ini, Pemkab HSS telah menyalurkan bantuan bagi mayarakat kurang mampu lewat program rumah sejahtera. Fikry menyebut program itu merupakan ikhtiar dari pemerintah daerah untuk mengentaskan angka kemiskinan di wilayah HSS.

“Berbeda dengan daerah lain, program rumah sejahtera yang digalakkan Pemkab HSS ini merupakan program yang komprehensif, inovatif, dengan berbagai intervensi program lainnya. Makanya, Kabupaten HSS mendapat penghargaan dari pemerintah pusat,” pungkas Fikry.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.