Husairi Abdi

600 Personel Gabungan Disebar, Tim Satgas Covid-19 Terapkan Tes Swab dan Vaksin di Pusat Keramaian

0

OPERASI gabungan diberlakukan jelang perayaan pisah sambut tahun 2021 dan tahun baru 2021 di wilayah hukum Banjarmasin. Pemberlakuan ketat terutama untuk titik-titik yang jadi konsentrasi massa akan diterapkan aturan tes swab dan vaksin acak.

ADA 600 personel gabungan yang diterjunkan dari elemen Pemkot Banjarmasin, Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007/Banjarmasin dalam skema pengamanan tahun baru.

Hal ini ditandai dengan apel kesiapan pengamanan tahun baru dipimpin Wakil Kapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo bersama Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman  dan Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Oki Andriansyah Adiwirya di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Jumat (31/12/2021).

Personel gabungan terdiri dari polisi dan tentara, Satpol PP dan Dinas Perhubungan hingga tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 akan disebar di beberapa titik, terutama pusat keramaian di Banjarmasin.

“Sebanyak 600 personel ini akan diturunkan di beberapa titik di Kota Banjarmasin,” ucap Wakil Kapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo.

BACA : Sambut Nataru, Kapolda Kalsel Jamin Tak Ada Penyekatan Hanya Pembatasan Minimalis

Ia menyebut beberapa tempat yang rawan dan menimbulkan kerumuman massa saat merayakan pesta pisah sambut tahun 2021 dan tahun baru 2021 seperti di kawasan Siring Titik Nol Banjarmasin, Siring Tendean hingga Lapangan Kamboja.

“Untuk tempat yang memicu kerumunan ditutup. Kemudian, kawasan seperti Siring Tendean dan Lapangan Kamboja akan dijaga personel gabungan,” ucap Sabana.

Personel Satpol PP Kota Banjarmasin yang akan disebar di pusat keramaian saat malam tahun ini. (Foto Dokpim Banjarmasin)

Tak hanya itu, Sabana menegaskan personel gabungan dari TNI/Polri dan pemerintah kota akan berpatroli keliling kota dimulai pada pukul 20.30 Wita atau jam setengah 9 malam.

BACA JUGA : Larang Pesta Malam Tahun Baru 2022, Kawasan Wisata Siring Tendean Ditutup

“Tim Satgas Covid-19 juga akan melakukan tes usap (swab test) dan pemberian vaksin secara acak di tempat-tempat yang memicu kerumuman,” kata Sabana.

Untuk mengawali patroli keliling kota, Wakapolresta Banjarmasin mengatakan dimulai dari kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Jalan Sudirman dan menyasar beberapa titik yang dianggap rawan.

“Kami mengimbau masyarakat tidak merayakan tahun baru secara berlebihan. Paling bagus lebih baik di rumah saja, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Kapolres Hulu Sungai Tengah ini. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.