42 Desa Deklarasi Stop BABS

0

SEBANYAK 42 Desa di Tanah Bumbu yang mendeklarasikan ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Pembacaan deklarasi dilakukan langsung oleh Kepala Desa. Kamis (30/12/2021) di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

BUPATI Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyaksikan acara deklarasi Desa ODF. Selain acara deklarasi, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama ODF Stop BABS oleh Bupati, Dandim, Kapolres, Kejari, DPRD, Kemenag, Ketua TP PKK, Ketua Forum KKS, Sekda, Camat, dan Kepala Desa/Lurah se-Tanbu.

Serta digelar Rakor Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021 yang dibuka Bupati Zairullah Azhar.

Bupati HM Zairullah Azhar dalam sambutanya mengapresiasi kesungguhan semua pihak utamanya Forum KKS dan Kades dalam upaya mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang bersih, nyaman, aman, dan sehat. “Saya berharap komitmen bersama ini dapat direalisasikan, sebaik mungkin,” ucap Bupati.

Bupati HM Zairullah Azhar mengapresiasi kesungguhan Forum KKS Tanbu

Sementara Ketua Forum KKS Tanbu Fawahisah Mahabbatan mengatakan Kabupaten dan Kota sehat adalah suatu kondisi Kabupaten dan Kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat. 

BACA: Hj Wahyu Windarti Dikukuhkan Sebagai Ketua Dekranasda Tanbu

Untuk dihuni di capai melalui penyelenggaraan, penerapan beberapa tatanan kehidupan, dengan kegiatan yang terintegrasi disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, KKS  perlu kerjasama semua pihak seperti lembaga forum KKS terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perguruan tinggi, media massa, organisasi profesi, ormas, dan lainnya.

Target KKS Tahun 2022 hingga 2024, jelasnya, adalah mempercepat pencapaian indikator pokok penilaian Kabupaten dan kota Sehat. Khususnya Stop Buang Air Besar Sembarangan, dimana pada tahun 2021 ini jumlah desa yang melaksanakan deklarasi ODF sebanyak 42 Desa. “Kedepan pada tahun 2022 ada 35 Desa ODF dan Tahun 2023 sebanyak 23 Desa dan Desa Pemekaran ODF. Targetnya, sampai pada tahun 2024 seluruh desa yakni 149 Desa di Tanbu sudah ODF, ” ujar Fawahisah. 

Acara juga dirangkai dengan penyerahan piagam Penghargaan Bupati Tanbu Kepada Desa Gunung Besar sebagai Desa ODF. Desa tersebut dinyatakan telah terbebas dari Stop BABS di Tanah Bumbu. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.