Husairi Abdi

Sosialisasi BUMN, BHP Imbau BUMN Libatkan Pelaku UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

0

ANGGOTA Komisi VI DPR RI, Bambang Heri Purnama (BHP) menggelar sosialisasi bertajuk “Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional”, Rabu, 29 Desember 2021 bertempat di Gedung Serbaguna Rantau Kabupaten Tapin.

BAMBANG Heri Purnama (BHP) mengatakan BUMN sangat berperan penting dan memiliki kontribusi besar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia. Sebagai lokomotif pemulihan ekonomi, dirinya menyampaikan BUMN sebagai prioritas dan tentunya harus dan melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam program yang dilaksanakannya.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, BHP menawarkan strategi peningkatan perekonomian secara menyeluruh baik dari bawah maupun tataran menengah keatas agar dapat mewujudkan kontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi dalam hal pemulihan pasca pandemi.

BACA: Menteri BUMN Klaim Jamin Kebutuhan Pengungsi Erupsi Semeru Lewat Layanan Food Truck PLN

BUMN sangat berperan penting dan memiliki kontribusi besar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Pusat Kajian Anti Korupsi, Ahmad Fikri Hadin, yang juga menyampaikan bahwa BUMN telah berupaya memenuhi jangkauan kebutuhan masyarakat melalui sejumlah Perusahaan BUMN, seperti PLN dan Kuota data seluler melalui Telkomsel. Dan menjangkau kalangan UMKM di segala sektornya.

“Dampak pandemi Covid-19 sangat serius khususnya persoalan ekonomi bangsa, sehingga peran BUMN sangat besar untuk memulihkan kondisi bangsa saat ini dan harus menjangkau semua lapisan masyarakat di segala sektor,” terang Fikri.

BACA JUGA : Setelah Dilantik, Paman Birin-Muhidin Fokuskan Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Rakyat

Pandemi Covid-19 dipandang sebagai disrupsi pada perjalanan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian Indonesia menuju 100 tahun kemerdekaan dan lolos perangkap Pendapatan Menengah (Middle Income Trap). 

Dalam perjalanan tersebut, niat memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan menjadi bagian dari skenario yang berhubungan dengan penyebaran sentra pertumbuhan ekonomi nasional serta peningkatan sektor industri dengan dukungan inovasi serta infrastruktur selaras dengan amanah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 9 dengan selalu perhatikan aspek Kedaulatan, Ketahanan, dan Keberlanjutan (Sustainability) yang berelasi dengan aspek ekonomi, sosial serta lingkungan hidup. 

BACA JUGA : Resmikan ATCS Tabalong, Wagub Kalsel Muhidin Ingatkan Fokus Pemulihan Ekonomi Daerah

Proposisi nilai yang dilontarkan berbunyi: Jika Indonesia mampu meningkatkan inisiatif dan mempercepat investasi terutama pada Industri – Inovasi dan Infrastruktur maka akan mengungkit dan melanggengkan pertumbuhan ekonomi demi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan mempertahankan kelestarian lingkungan. (jejakrekam)

Pencarian populer:pemulihan ekonomi nasional
Penulis Darul Huda
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.