Husairi Abdi

Menangi Suara Senat dan Rektor ULM, Prof Budi Suryadi Terpilih Jadi Dekan FISIP

0

SEMPAT buntu, akhirnya pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berlangsung dalam putaran kedua, cukup dramatis.

INI menyusul, Prof Dr Budi Suryadi yang merupakan guru besar FISIP terpilih dalam pemilihan Dekan FISIP ULM periode 2021-2025.

Dalam putaran kedua, ada tiga nama yang bertarung memperebutkan suara Senat FISIP ULM plus 35 persen suara Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi berlangsung pada Rabu (29/12/2021).

Dari tiga nama yakni Dr Taufik Arbain (dosen senior administrasi publik) dan Ketua Program Studi Sosiologi Setia Budhi Ph.D, kalah telak dalam perebutan suara senat. Taufik Arbain dilaporkan hanya meraih tiga suara, sedangkan Setia Budhi nihil.

Sementara, Budi Suryadi bisa merebut enam suara Senat FISIP plus dukungan 35 persen suara Rektor ULM turut mendongkrak raihan suaranya. Hasilnya, Budi Suryadi pun ditetapkan sebagai Dekan FISIP ULM terpilih periode 2021-2025.

BACA : Raih Suara Terbanyak, Setia Budhi Kembali Pimpin Prodi Sosiologi FISIP ULM

Usai Budi Suryadi keluar sebagai pemenang, Rektor ULM Sutarto Hadi dikabarkan langsung mengeluarkan surat keputusan (SK) pengangkatan yang bersangkutan sebagai Dekan FISIP ULM.

Direncanakan pada Jumat (31/12/2021) pagi sekira pukul 09.00 Wita, Budi Suryadi akan dilantik Rektor ULM Prof Sutarto Hadi sebagai Dekan FISIP di Aula Rektorat ULM, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi, Banjarmasin.

Untuk diketahui, suksesi di tubuh FISIP ULM sempat memanas, bahkan berlangsung deadlock. Gara-gara itu, Rektor ULM Sutarto Hadi pun menunjuk Wakil Rektor III Dr Muhammad Fauzi sebagai Pelaksana Tugas Dekan FISIP ULM.

BACA JUGA : Dugaan Intervensi di Pemilihan Dekan FISIP ULM, Uhaib : Cerminan Feodalisme Akademik

Ini karena, terhitung sejak 4 Juli 2021, masa kepemimpian Dekan FISIP periode 2017-2021, Prof Dr Asmui bersama tiga pejabatnya : Wakil Dekan I FISIP ULM, Gazali Rahman, Apriansyah (Wakil Dekan II FISIP ULM) dan M Nur Ridwan di posisi Wakil Dekan III telah berakhir.

Flyer dan karangan bunga ucapan selamat atas dilantiknya Prof Budi Suryadi sebagai Dekan FISIP ULM yang baru. (Foto Istimewa)

Sayangnya, Taufik Arbain enggan berkomentar soal suksesi Dekan FISIP ULM yang telah dimenangkan Budi Suryadi. Begitupula, Setia Budhi dikontak terpisah belum ada sahutan. Setali tiga uang, Rektor ULM Prof Sutarto Hadi pun belum memberi pernyataan terkait dengan terpilihnya Budi Suryadi sebagai Dekan FISIP yang baru.

BACA JUGA : Suksesi Dekan FISIP ULM Berakhir Deadlock? Ini Harapan Kalangan Mahasiswa

Untuk diketahui, Budi Suryadi merupakan guru besar ilmu politik dan pemerintahan dikukuhkan Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi pada Kamis (12/3/2020), usai mengungkap hasil penelitian dalam orasi ilmiah berjudul Mitos Politik si Palui dalam Pilkada Kalsel.

Dalam paparannya, Budi Suryadi mengungkap adanya pengaruh mitos si Palui dalam struktur unik khususnya politik dalam kehidupan masyarakat Banjar. Fenomena politik ini dikenal dengan tindakan politik membanjur atau mengumumkan diri sebagai bakal calon berkelindan dengan politik bubuhan (politik kekeluargaan) yang dilakoni aktor politik.

BACA JUGA : Jabatan Dekan FISIP ULM Berakhir Awal Juli, Empat Dosen Senior Bersaing Ketat

Dosen FISIP ULM Pathurrahman dari program studi pemerintahan mengakui jika Prof Budi Suryadi terpilih sebagai dekan kampusnya untuk empat tahun ke depan. Ini menyusul, flyer ucapan selamat atas dilantiknya Prof Budi Suryadi sebagai Dekan FISIP ULM mengemuka di jejaring media sosial, khususnya WA Group. Termasuk, karangan bunga ucapan selamat yang sudah disebar di Rektorat ULM dan kampus FISIP.

“Ya, Prof Budi Suryadi memenangkan pemilihan di tingkat senat selanjutnya juga mendapat suara dukungan dari Rektor ULM,” kata Pathurrahman kepada jejakrekam.com, Kamis (30/12/2021).

BACA JUGA : Dosen Sosiologi FISIP ULM-UPR Sepakat Bentuk Laboratorium Bersama

Dia berharap kekosongan jabatan petinggi kampus yang telah berlangsung cukup lama terhitung sejak Juli hingga Desember 2021 bisa membuat FISIP bisa menatap masa depannya.

“Tentu saja, kami sebagai akademisi di FISIP ULM, berharap ada percepatan, apalagi kampus ini menerapkan sistem pembelajaran kampus merdeka. Terpenting adalah suksesi dekan ini tidak menganggu kondusivitas kampus,” ucap Pathurrahman.

Mengenai siapa saja yang akan mendampingi Prof Budi Suryadi mengisi tiga posisi Wakil Dekan FISIP ULM, sepenuhnya merupakan kewenangan yang bersangkutan. “Bagi kami tentu saja agar kesejahteraan para dosen semakin bisa ditingkatkan,” pungkas Pathurrahman.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.