Husairi Abdi

Ikuti Ajang IGA 2021, Tabalong Raih Peringkat 4 Kabupaten Terinovatif

0

TABALONG meraih peringkat 4 Kabupaten Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang dihelat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Piagam dan trofi IGA diterima Bupati Anang Syakhfiani di Jakarta, Rabu (29/12/2021).

ANANG mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang dicapai. ”Alhamdulillah kita berada pada peringkat 4 pada kategori Kabupaten Terinovatif. Ini sangat membanggakan. Terlebih, tahun yang lalu kita masih tercecer di peringkat 274 atau masuk kedalam golongan kabupaten kurang inovatif,” ucapnya.

BACA JUGA: Awasi Kinerja Layanan di Pengadilan, PN Tanjung Luncurkan Inovasi “Halo Ibu KPN”

Menurut dia, capaian ini menjadi bukti kerja keras semua pihak yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam membuat inovasi serta mengaplikasikannya untuk masyarakat. “Kita harus terus melakukan inovasi karena seperti Mendagri katakan bahwa inovasi merupakan keharusan dalam menjalankan Pemerintahan,” tambahnya.

BACA JUGA: Cerai dan Lahir di Tabalong Langsung Terima Akta

Dari 34 Inovasi Pemerintah Kabupaten Tabalong yang dijaring tim penilai Innovative Governement Award (IGA) tahun 2021 ada lima terobosan yang menjadi unggulan. Misalnya, Perumda Kanda Tani (Perusahaan Umum Daerah Meningkatkan Pendapatan Petani), Taman Beta (Tetap Pintar dan Aman Dengan Belajar Melalui TV Tabalong), Paliat Online (Pelayanan Aplikasi Perijinan Tabalong Online), Langsat Manis (Layanan Angkutan Gratis dan Nyaman Untuk Masyarakat) dan Inovasi Tanjung Bersinar (Tanya, Jaga dan Dukung Bersama si Penyintas Corona).

Sebagai informasi, setelah melewati empat tahap secara nasional, ada sebanyak 39 pemerintah daerah pemda masuk nominator IGA Tahun 2021. Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster. Yakni 7 pemerintah provinsi, 12 pemerintah kota, 12 pemerintah kabupaten, lima pemda di daerah perbatasan, serta tiga pemda di daerah tertinggal. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.