Husairi Abdi

Bikin Kota Makin Bersih, Bupati Tabalong Apreasiasi Kinerja TPS 3R dan Bank Sampah

0

PEMKAB Tabalong mengapresiasi kinerja pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) dan Bank Sampah di wilayah Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

WUJUD apresiasi itu ditandai dengan pemberian penghargaan yang terhadap kinerja terbaik dalam pengelolaan sampah berlangsung di Pendopo Bersinar Tanjung, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Senin (27/12/2021).

Bupati Tabalong,H Anang Syakhfiani mengatakan, kegiatan tersebut dipandang penting, karena menjadi upaya menyadarkan masyarakat akan pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

“Apa yang kita saksikan hari ini menjadi bukti nyata tentang meningkatnya peradaban orang Tabalong. Dengan program tersebut kota makin bersih, lingkungan makin bagus,” kata Bupati Tabalong Anang Syakhfiani usai menyerahkan pengharagaan pada kegiatan Serah Terima Sarana Program TPS 3R, Apresiasi Adiwiyata Nasional serta Penilaian Kinerja TPS 3R dan Bank Sampah tahun 2021.

BACA : Terima DIPA 2022, Pemkab Tabalong Diganjar Penghargaan Terbaik 3 Penyaluran Dana Desa

Dia mengungkapkan hampir setiap minggu kelompok masyarakat menghadap dirinya untuk mengajukan permohonan pengelolaan TPS 3R

“Terakhir dari koperasi, kalau Tabalong mengajukan usulan tentang TPS 3R itu dapat dipastikan lahannya sudah siap serta pengelolaannya juga sudah siap,” ungkap mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Pedesaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini.

Terkait permohonan tersebut, Bupati Anang Syakhfiani mengatakan dirinya telah menyampaikan hal itu kepada Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel, Dardjat Widjunarso.

BACA JUGA : Satu-Satunya di Kalimantan, Kabupaten Tabalong Sabet Penghargaan STBM Awards 2021

“Untuk itu saya ingin menyampaikan permohonan, nanti ditindaklanjuti Kepala Dinas Lingkunga Hidup (DLH), kalau bisa setiap tahun ada pembangunan  TPS 3R di Kabupaten Tabalong,” papar Anang Syakhfiani.

Masih menurut dia, pelaksanaan TPS 3R telah berjalan di Tabalong dan bahkan bukan hal yang baru dan mudah. “Sudah sekian tahun kita membina masyarakat, lingkungan, anak-anak sekolah sehingga soal bank sampah, TPS 3R dan pengelolaannya. Jadi, sudah tidak diragukan lagi,” beber Anang.

BACA JUGA : Ibu-ibu Pengajian di Tabalong Geluti Kerajinan Kain Pel dari Limbah Baju Bekas

Ia juga menyerahkan penghargaan berupa trofi, piagam dan uang pembinaan ke TPS 3R Maju Bersama, Desa Maburai, TPS 3R Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, TPS 3R Tanjung Selatan Bersinar, Kelurahan Mabuun. Kemudian, TPS 3R Pelita, TPS 3R Nawuraha, Desa Warukin dan TPS 3R Menanti Padang Panjang, Desa Padang Panjang.

Sedangkan kinerja terbaik Bank Sampah diberikan kepada Bank Sampah Ribang Bersinar Desa Ribang, Bank Sampah Harapan Baru Desa Kasiau Raya, Bank Sampah Anggrek Kelurahan Sulingan, Bank Sampah Berkah Bersama, Bank Sampah Mekar Sari Bersih, dan Bank Sampah Jangkung Hijau.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.