Peringati HKSN ke-57, Pemkab Balangan Serahkan Bantuan Sosial

0

DALAM rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-57 tahun 2021, Pemkab Balangan, Senin (27/12/2021) menyerahkan sejumlah bantuan sosial.

ADAPUN bantuan tersebut diserahkan kepada anak panti sosial bina remaja, panti sosial tresna werdha, panti asuhan anak, panti sosial bina netra serta bantuan sarana prasarana kamar lansia, bantuan atensi berbasis keluarga bagi penyandang disabilitas, yang disalurkan kepada Yayasan Al Tamar dan Sahabat Balangan Center, dengan jumlah keseluruhan bantuan dari APBD provinsi dan APBN sebesar Rp 2,2 miliar.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk perwujudan memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan juga implementasi penyelarasan visi-misi kepala daerah.

“Mudah-mudahan ke depannya dana APBD juga semakin bertambah tentunya juga diiringi tambahan bantuan APBN maupun dari APBD,” harapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno menyampaikan, HKSN adalah momentum untuk memperkuat ketahanan dan integrasi sosial, dalam situasi pandemi COVID-19, HKSN mengampanyekan sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan,  kebersaman dan toleransi.

Disebutkan, terkait bantuan yang diserahkan dari sumber mana pun dan melalui pihak mana pun, dapat dimaknai sebagai kesetiakawanan sosial, yaitu dalam rangka pengentasan kemiskinan serta mengurangi kesenjangan sosial dan memelihara kerekatan sosial.

“Jadi kegiatan ini tanggung jawab oleh semuanya tidak hanya pemerintah saja. Jadi tentu pihak-pihak swasta maupun elemen lainnya, itu juga akan memberikan support agar ke depan lebih meningkat,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Al Tamar, Risalatun Nahdia Tamrin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui Dinas Sosial yang telah memfasilitasi untuk pendampingan dari Kementerian Sosial berupa bantuan barang sebagai program atensi untuk para lansia.

Nahdia berharap agar yayasan Al Tamar serta LSM lainnya bisa terus bersinergi dengan pemerintah, dan stakeholder untuk bersama-sama membantu masyarakat Kabupaten Balangan.

Terakhir, Nahdia mengungkapkan, bantuan ini digunakan untuk memberikan sembako kepada lansia. Kemudian melalui LKSA juga akan memberikan santunan kepada anak yatim piatu berupa makanan gratis serta program lainnya.

“Kami berharap melalui program ini bisa melayani masyarakat Balangan, dan bisa terus berkontribusi secara aktif untuk memajukan kesejahteraan yang ada di Kabupaten Balangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian/InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.