Optimalisasi Lahan Pertanian Terus Digenjot Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Padi

0

DINAS Pertanian Kabupaten Barito Utara, untuk saat ini terus berupaya mengoptimalisasi lahan pertanian. Kali ini di wilayah Desa Bintang Ninggi II, Kecamatan Teweh Selatan.

KEPALA Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin Surapati mengatakan, pihaknya bersama tim meninjau langsung ke lapangan. Tujuannya tidak lain guna melihat sejauhmana progres lahan rawa yang sudah dikerjakan.

“Kita Meninjau Progress Optimasi Lahan Rawa di Desa Bintang Ninggi II Kecamatan Teweh Selatan,” kata Syahmiludin Surapati kepada awak media, Kamis (23/12/2021).

Dijelaskannya, dengan optimasi lahan, nantinya dapat memberikan manfaat bagi petani terutama dalam perluasan areal tanam baru di wilayah Desa Bintang Nginggi II pada saat ini.

BACA: Dinas Pertanian Buka Program OPLA Rawa Di Desa Batu Raya II

Tentunya kata dia, dengan penambahan luas tanam, dapat meningkatkan hasil produksi tanaman padi para petani dan juga meningkatkan kesejahteraan khususnya petani padi.

Syahmiludin juga menambahkan, Dinas Pertanian saat ini terus melakukan optimasi lahan pertanian, bukan saja di Kecamatan Teweh Selatan, tetapi juga wilayah lainnya. Hal ini, tidak lain meningkatkan produksi padi.

Menurutnya, optimasi lahan selain perluasan areal juga membuat system pengairan dengan jaringan irigasi terukur, sehingga panen bisa dilakukan minimal dua kali dalam setahun.

“Upaya kita dalam membangun dan perluasan, tidak lain agar panen dapat dilakukan tidak hanya satu kali dalam semusim, tetapi minimal dua kali,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.