Gelar Aksi Damai, LSM KAKI Pertanyakan Alih Fungsi Lahan PTPN Danau Salak Menjadi Pertambangan Batubara

0

PULUHAN orang yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel menggelar aksi damai di Kantor PTPN XIII Danau Salak di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kamis (23/12/2021).

DINAKHODAI HA Husaini, LSM KAKI mempertanyakan terkait alih fungsi lahan dari perkebunan PTPN XIII Danau Salak menjad pertambangan batubara.

“Kami meminta agar PTPN XIII Danau Salak lebih transparan terkait dengan perubahan alih fungsi lahan dan penerbitan IUP batubara yang dikelola pihak swasta,” ucap Husaini saat berorasi di harapan jajaran pimpinan PTPN Danau Salak.

BACA : Gelar Aksi Di Kejagung, Ini Sederet Persoalan Yang Disampaikan LSM KAKI Kalsel

Menurut pria yang kerap menyampaikan aksi di lembaga anti rasuah ini (KPK-red), sesuai dengan arahan Kejaksaan Agung RI pihaknya berupaya melengkapi data terkait dengan alih fungsi lahan tersebut.  “Kami berharap PTPN dapat memberikan data yang lengkap terkait hal tersebut,” ucap Husaini.

Menurut Husaini, mengutip pernyataan Manajer PTPN XIII Danau Salak, Syarifuddin, membenarkan jika memang ada kerjasama PTPN Danau Salak dengan pihak swasta, yakni PT GPS dan PT MAS yang bergerak di bidang pertambangan batubara.

“PTPN Danau Salak tak bisa menyerahkan data lengkap terkait kerjasama tersebut dengan alasan yang berhak untuk memberikan data tersebut adalah Kantor PTPN XIII yang berpusat di Pontianak Kalimantan Barat,” ucap Husaini mengutip pernyataan Manajer PTPN XIII Danau Salak, Syarifuddin.

Sebelumnya, LSM KAKI Kalsel juga sudah menggelar aksi di Kantor Kejaksaan Agung di Jakarta dan meminta agar aparat penegak hukum untuk melakukan penyelidikan terkait dengan status alih fungsi lahan di PTPN Danau Salak ini.(jejakrekam)   

Penulis Riza/Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.