Husairi Abdi

Teman Bus Banjarbakula Mengaspal Ramaikan Moda Transportasi Banua

0

PROGRAM pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di wilayah perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS) hadir di Kalimanatn Selatan.

PROGRAM yang dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan bernama Trans Banjarbakula (Banjarmasin, Banjar, Banjar Baru, Barito Kuala, Tanah Laut) merupakan suatu terobosan yang inovatif.

“Kami optimis kehadiran Teman Bus di Banjarmasin atau Trans Banjarbakula ini mampu mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas serta kualitas udara di Banjarmasin menjadi lebih baik sehingga diharapkan dukungan masyarakat untuk memaksimalkan angkutan umum massal ini,” ungkap Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto ATD MM, disela acara launching, Rabu (22/12/2021) di Terminal Gambut Barakat, Kabupaten Banjar, Kalsel.

BACA : Ditapung Tawari Ulama, 2 Unit Bus ‘Kuning’ Teman Diperkenalkan Kepada Warga Banjarbaru

Acara sendiri dihadiri oleh Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto ATD MM, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor para Bupati dan Walikota di Kawasan Banjarbakula serta  beberapa jajaran di Kementerian Perhubungan dan instansi terkait.

Gubernur Kalsel H Sahbirin dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur atas sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota.

“Mudah-mudahan sinergitas ini akan semakin bertambah, sehingga lebih memberikan apa yang dicita-citakan oleh masyarakat Kalsel,” ucapnya.

BACA JUGA : Program Trans Banjarbakula Gol di Kemenhub, 75 Bus Baru Segera Mengaspal di Kalsel

Trans Banjarbakula akan melayani pada Jam operasional dari 05.00 – 21.00 WIB dengan tersedia sebanyak 75 unit bus yang siap melayani penumpang di 4 (empat) rute layanan yaitu Koridor 1 Terminal Gambut Barakat KM 17 – Simpang Empat,

Koridor 2 Terminal Gambut Barakat KM 17 – Taman Siring KM 0, Koridor 3 Terminal Induk KM 6 – Handil Bakti dan Koridor 4 Terminal Gambut Barakat KM 17 – Simpang 3 Bentok.

BACA JUGA : DLH Kalsel Target Pembangunan Incinerator di TPA Regional Banjarbakula Dimulai 2021

Sementara itu, salah satu perbankan yang mendukung dalam program ini adalah Bank Kalsel. Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya menyatakan, Bank Kalsel siap untuk mendukung pengembangan fasilitas teman bus Banjarbakula, terutama dalam fasilitas penambahan halte atau terminal bantu.

“Sebagai Bank milik banua kami siap untuk membantu pembangunan fasilitas angkutan massal yang lebih baik dan modern,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.