Medco Energy Punya Peranan Penting Dalam Pembangunan Di Kalimantan Tengah

0

Oleh: Syarbani MZ

WILAYAH Kabupaten Barito Utara saat ini mulai dikenal, karena punya peranan penting sebagai pemasok energi di tanah air, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

SAAT ini sumber energi kelistrikan sudah mencakup di empat kabupaten, seperti Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Tabalong di Provinsi Kalimantan Selatan. Dan kedepannya juga akan menjangkau Kabupaten Murung Raya dan kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah.

Saat ini daya yang dihasilkan dari Bangkanai mencapai 155 megawatt. Hal ini tentu saja masih belum maksimal, sebab dari enam sumur, ada empat yang memproduksi gas dan dua water indeksi.

Mengutip pernyataan pimpinan Medco Energy Indonesi Arief Rendaldi, saat ini Medco Energi Indonesia mempunyai 12 wilayah kerja yang salah satunya di provinsi Kalimantan Tengah. Yaitu di wilayah Desa Karendan, Kabupaten Barito Utara.

BACA: Medco Energi Bangkanai Serahkan Bantuan Masker Ke Polres Barito Utara

Dengan banyaknya cadangan gas di Bangkanai, kedepannya perusahan milik Aripin Panigoro ini akan memproduksi lebih besar lagi. Salah satunya membangun jaringan pipa ke wilayah Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, sepanjang 300 kilometer untuk mengolah gas tersebut.

Terwujudnya pembangunan pipa gas tersebut maka produksi juga lebih besar, dan bisa dipastikan PAD bagi Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Barito Utara beriring naik.

Sejauh ini, Medco Energy Indonesia punya peranan penting bagi pembangunan di Kabupaten Barito Utara, terbukti hampir seluruh desa yang ada di wilayah Barito Utara teraliri listrik. Tentunya hal ini tidak lepas dari kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat dalam pembangunan.

SEMANGAT PENDIDIKAN: Warga Desa Karendan dapat mecapai cita-cita dengan melanjutkan pendidikan di SMP Bangkanai, yang dibangun atas usaha kerjasama masyarakat bersama dengan CSR Medco Energi.

Selain listrik, Medco Energy juga berperan dibidang pendidikan, dengan membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Karendan yang merupakan wilayah kerja terdekat atau dalam area ring satu.

Saat ini sekolah yang dibangun sudah beroperasi dengan menggunakan dana CSR, dan siswa siswi merupakan warga di wilayah kerja dan dari desa lainnya.

Tidak berhenti sampai disitu, perusahaan juga terlibat dalam pembangunan sosial, seperti terlibat dalam upaya pembangunan rumah ibadah, infrastruktur. Selain itu membantu terwujudnya kegiatan sosial budaya masyarakat adat, yang masih dijunjung sebagai warisan leluhur.

Medco Energy juga berpartisipasi dalam event besar untuk kegiatan di daerah. Diantaranya di bidang olah raga dan keagamaan. Tidak ketinggalan di bidang kesehatan dalam penanganan covid-19, yang selama ini ikut dalam upaya pencegahan penularan dengan menyediakan alat kesehatan, membantu warga yang terdampak pandemi, dan ikut menyeleggarakan vaksinasi untuk warga sekitar.

Dengan beroperasinya Medco energy Indonesia di Kalimantan Tengah, selain membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi, juga memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah, sebab keterlibatannya dalam pembangunan daerah sangat besar.

RAMAH TAMAH: Pimpina Medco Energy Bangkanai Arif Rinaldi beramah tamah dengan Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi , usai penandatanganan MoU kerjasama pengamanan, Selasa (14/12/2021).

Sinergi tidak hanya dilakukan dengan pemerintah daerah sebagai wakil masyarakat, akan tetapi juga dengan lembaga negara yang dapat memberikan rasa aman dalam melakukan produksi.

Seperti pada beberapa hari lalu, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi melakukan MOU bersama Medco Energy Indonesia di Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, Polri akan melakukan kerja sama pengamanan di wilayah kerja perusahaan. Hal ini tentu dapat menyakinkan para investor yang akan berinvestasi merasa ada jaminan kepastian hukum, dan aset yang digunakan tetap aman.(***)

Penulis:

Syarbani MZ
Jurnalis Kabupaten Barito Utara
Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.